Dark/Light Mode

Kena Dampak Corona, KFC Tutup 97 Gerai

Selasa, 28 April 2020 15:03 WIB
Ilustrasi KFC. (Foto: net)
Ilustrasi KFC. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) selaku pemilik gerai KFC sudah menutup 97 gerainya seiring dengan tutupnya pusat-pusat perbelanjaan di Tanah Air karena pandemi corona (covid-19).

Direktur FAST, Dalimin Juwono mengatakan, penyesuaian kebijakan dilakukan untuk gerai yang masih beroperasi, yakni dengan hanya menyediakan layanan take away, pengantaran ojek online, home delivery, dan drive-thru.

Baca juga : Bisakah Corona Cepat Berlalu?

KFC juga sudah merumahkan 450 karyawan. Menurut dia, perusahaan berusaha tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK). Karena itu, manajemen memilih melakukan penyesuaian beban upah dengan mekanisme pemotongan dan penundaan beban upah yang bervariasi.

Pemotongan gaji paling besar terjadi untuk tingkat manajemen senior ke atas. Tak hanya gaji karyawan yang harus dikorbankan, manajemen KFC juga memutuskan untuk menunda pemberian tunjangan hari raya (THR).

Baca juga : Cari Dana Lawan Corona, Baznas Gelar Konser Amal

"Telah disepakati untuk melaksanakan penyesuaian pembayaran THR dengan mekanisme penurunan dan penundaan pemberian THR yang bervariasi dengan penurunan terbesar di tingkat manajemen senior ke atas," sambungnya. 

Lebih lanjut, Dalimin mengatakan bahwa pemotongan gaji tidak akan diberlakukan bagi karyawan yang masuk dan bekerja di Store Level. Sementara itu, karyawan Store Level yang dirumahkan akan menerima pemotongan upah dan penundaan sebagian kecil pembayaran upah. [ADT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.