Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Andi Gani: Dampak Corona Sangat Terasa Di Masyarakat

Sabtu, 11 April 2020 22:12 WIB
Forum Relawan Jokowi bagikan makanan kepada masyarakat. (Foto: ist)
Forum Relawan Jokowi bagikan makanan kepada masyarakat. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Relawan Jokowi (FRJ) kembali membagikan ribuan bungkus makanan secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini sebagai wujud nyata membantu rakyat kecil yang kena dampak dari pandemi virus corona (Covid-19).

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan rangkaian selama 14 hari yang dilakukan FRJ di puluhan lokasi Jabodetabek. FRJ merupakan wadah organ-organ relawan Jokowi yang sejak Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012 sudah mendukung Jokowi secara militan.

Tokoh relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea mengatakan, ratusan makanan setiap harinya akan dibagikan. Total nantinya hingga 14 hari mencapai ribuan porsi makanan yang akan dibagikan secara gratis.

Baca juga : Kebijakan Nggak Jelas, Masyarakat Kebingungan

"Dampak dari wabah Covid-19 ini sungguh amat sangat terasa di masyarakat. Untuk itu, setiap hari kami berikan ratusan makanan secara gratis buat mereka. Total bisa ribuan sampai 14 hari. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah corona," katanya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (11/4).

Kali ini penyaluran bantuan makanan gratis disalurkan ke wilayah Jakarta Timur serta Tangerang oleh Ketua Umum Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) Reinhard Parapat dan Ketua Masyarakat Peduli Pangan Nusantara (MAPAN) Indonesia Wignyo Prasetyo.

Ketua Umum KIB Reinhard Parapat mengatakan, masyarakat menyambut baik yang dilakukan oleh relawan Jokowi. Pembagian makanan itu sebagai bentuk dukungan kepada para pekerja yang terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga : Kena Dampak Corona, Luna Maya Pusing Gaji Karyawan

"Buat para ojek online maupun pangkalan sangat terpengaruh karena penurunan penumpang akibat kebijakan work from home (WFH). Ada juga asongan, pemulung yang kami bagikan makanan gratis," ujarnya.

Menurutnya, cara pembagian makanan gratis juga tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan menjaga jarak antrian dan tidak ada pengumpulan massa besar.

Sementara itu, Ketua MAPPAN Indonesia Wignyo Prasetyo memberikan 200 bungkus makanan yang dibeli dari warung-warung nasi kemudian dibagikan langsung pada masyarakat. "Tujuan kami membangkitkan semangat bangsa untuk tetap bersatu. Bersama-sama kita melawan pandemi ini, dengan rasa solidaritas tentunya kita akan kuat melawannya," ucapnya.

Baca juga : Tangani Wabah Corona, Kemenristek Gandeng 165 Peneliti Diaspora

Tak hanya pembagian makanan gratis, FRJ melalui Solidaritas Merah Putih (Solmet) yang dipimpin langsung ketua umumnya, Sylvester Matutina melakukan penyemprotan desinfektan di pemukiman dan tempat ibadah Sukmajaya, Depok Timur.

"Semua ini dilakukan agar memberikan manfaat besar buat masyarakat ditengah wabah corona," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.