Dark/Light Mode

BI Siapkan Uang Tunai Rp 157,96 Triliun Untuk Ramadan Dan Lebaran

Kamis, 30 April 2020 16:39 WIB
Bank Indonesia. (Foto: ist)
Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) menyiapkan kebutuhan uang tunai Rp 157,96 triliun untuk Ramadan dan Lebaran tahun ini. Jumlah tersebut turun 17,7 persen dibandingkan tahun lalu. 

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan, kebutuhan tersebut telah memerhatikan antisipasi kebutuhan selama Ramadan, libur Lebaran, serta kebijakan dan stimulus pemerintah kepada masyarakat selama penanganan corona. Termasuk pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Baca juga : Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 19,2 T Buat Ramadan Dan Lebaran

“Kebutuhan uang tunai tertinggi pada periode Ramadan dan Lebaran tahun ini terjadi di daerah Jabodetabek yang diprakirakan sebesar Rp 38,0 triliun,” ujarnya, Kamis (30/4).

Dalam mencegah perluasan penyebaran corona, BI mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik, dan QR Code Pembayaran dengan standar QRIS (QR Code Indonesian Standard).

Baca juga : Gelontorkan Rp 4,8 Triliun, Inggris Pimpin Gerakan Lawan Covid-19

Terkait penukaran uang, kata Onny, tahun ini tidak menyediakan penukaran di lokasi umum, seperti monas dan pasar tradisional. Tahun ini penukaran uang hanya disediakan melalui loket di bank. Terkait hal tersebut, BI telah berkoordinasi dan meminta perbankan memberikan layanan penukaran uang.

Penukaran untuk masyarakat akan dilayani oleh 3.742 Kantor Cabang (KC) bank di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 344 KC bank di daerah Jabodetabek dan 3.398 KC bank di wilayah luar Jabodetabek. Penukaran mulai 29 April-20 Mei 2020. 

Baca juga : Bantu Atasi Krisis, FIFA Kirim Bantuan Rp 2,3 Triliun untuk Negara-negara Anggota

“BI mengimbau masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol pencegahan corona dan memerhatikan kebijakan pelaksanaan PSBB yang diterapkan Pemerintah Daerah setempat,” katanya. [DWI]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.