Dark/Light Mode

Gelontorkan Rp 4,8 Triliun, Inggris Pimpin Gerakan Lawan Covid-19

Selasa, 28 April 2020 14:04 WIB
Menteri Kesehatan Inggris Dominic Raab (Foto AFP)
Menteri Kesehatan Inggris Dominic Raab (Foto AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Inggris memimpin negara-negara di dunia untuk melawan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)  dengan menyediakan vaksin yang bisa diakses semua orang.

Bersama 20 negara lain, Inggris dan badan kesehatan dunia, WHO berkomitmen menyediakan akses vaksin viris corona kepada semua negara. Komitmen ini disepakati pada Jumat (24/4) diikuti Prancis, Afrika Selatan, Italia, Jerman dan Malaysia serta WHO bergabung dengan Inggris dalam menegaskan komitmen untuk “Kesepakatan Akses – COV baru”.

"Langkah ini bertujuan memastikan bahwa masyarakat dunia memiliki akses yang sama untuk vaksin dan perawatan virus corona, serta meningkatkan pasokan vaksin secara global. Diharapkan ini bisa membantu mencegah datangnya gelombang kedua wabah Covid-19," keterangan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Selasa (28/4).

Menurut keterangan itu lagi, ini adalah perjanjian global yang belum pernah terjadi sebelumnya antara organisasi kesehatan internasional WHO dan negara-negara dunia. Ide ini dicetuskan Inggris pada pertemuan G20 Maret lalu.

Baca juga : PHE Ogan Komering dan PHE Raja Tempirai, Bantu Tim Medis Penanganan Covid-19

Inggris adalah salah satu pendukung terbesar dari upaya global untuk menemukan vaksin Covid-19 dengan menyediakan 250 juta Poundsterling atau sekitar Rp 4,8 triliun untuk penelitian internasional tentang penyakit ini kepada Centre for Epidemic Preparedness Innovations. Inisiatif ini juga salah satu pendukung terbesar WHO dan Gavi, Aliansi Vaksin Global, yang mendistribusikan vaksin di negara-negara termiskin.

Ilmuwan Inggris di Universitas Oxford dan Imperial College London juga memimpin upaya mengembangkan vaksin Covid-19. Uji coba manusia dimulai pekan ini di Oxford, dan pemerintah telah memberikan dana 42,5 juta Poundsterling (Rp 815 miliar) untuk mendukung uji klinis di kedua institusi tersebut.

Inggris juga akan menjadi tuan rumah KTT Respon Global Coronavirus pada 4 Mei nanti yang bertujuan mengumpulkan dana untuk mengembangkan vaksin, perawatan, dan tes untuk membantu mengakhiri pandemi virus Corona. Selain itu, Inggris juga akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi untuk Vaksin Global secara daring pada 4 Juni, untuk memastikan bahwa Aliansi Vaksin Dunia, GAVI akan didanai sepenuhnya dan memastikan akses yang setara untuk setiap vaksin bagi semua orang didunia.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, Inggris sudah menjadi salah satu donor terbesar untuk respon global Covid-19.

Baca juga : Ekspor Manggis Laris Manis di Tengah Pandemi Covid-19

"Hari ini kami bangga untuk mendukung Ajakan Aksi WHO untuk menyatukan para mitra kesehatan global dalam mempercepat kemajuan penemuan vaksin untuk memerangi Covid-19," ujar Raab.

“Keahlian dan pendanaan Inggris adalah upaya terdepan kami dalam menemukan vaksin dan perawatan virus Corona, yang akan menyelamatkan nyawa di Inggris dan di seluruh dunia," ujar Menteri Pembangunan Internasional Anne-Marie Trevelyan.

Menyusul seruan dari Perdana Menteri Boris Johnson tentang pentingnya kerja sama global dalam melawan pandemi ini, negara-negara lain juga telah mengikuti langkah Inggris dengan bekerja secara kolektif dalam perang melawan Covid-19.

Komitmen baru dalam perjanjian tersebut mengikuti lobi internasional yang berkelanjutan dari Inggris untuk meningkatkan kerja sama global dalam pandemi, termasuk pada pertemuan keuangan G20 dan Bank Dunia pekan lalu.

Baca juga : Sabam Bangga dengan Gotong Royong Para Pemimpin Lawan Covid-19

Kesepakatan ini meliputi langkah-langkah seperti menyediakan akses ke perawatan, teknologi, dan vaksin baru di seluruh dunia dan mengambil keputusan bersama untuk merespon pandemi, dengan mengakui bahwa penyebaran virus di satu negara bisa berdampak di semua negara. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.