Dark/Light Mode

Ikut Perangi Covid-19, Toyota Sumbang Kijang Innova Ambulans Ke PMI

Kamis, 14 Mei 2020 20:01 WIB
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (kiri), bersama Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (belakang), Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono (kanan), Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kedua kanan). (Foto: Toyota)
Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (kiri), bersama Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda (belakang), Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono (kanan), Wakil Presiden Direktur TAM Henry Tanoto (kedua kanan). (Foto: Toyota)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Indonesia menyerahkan donasi lima unit Kijang Innova ambulans untuk mendukung mobilitas tenaga medis dalam menangani corona (Covid-19). Bantuan tersebut diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kementerian Kesehatan untuk disalurkan ke rumah sakit.

Kijang Innova ambulans ini merupakan hasil konversi dari salah satu supply chain Toyota. Toyota Indonesia juga berkolaborasi dengan PT. Serasi Autoraya (SERA) menyediakan 68 unit mobil untuk menunjang mobilitas tenaga medis Covid-19 di 15 kota besar di Indonesia. 

Selain itu, Toyota Indonesia bersama dengan supply chain yang tergabung dalam Toyota Manufacturers Club, Toyota Equipment & Facility Club, dan Toyota Logistic Community juga memberikan 105.000 Alat Pelindung Diri (APD) kepada PMI dan Kemenkes. APD terdiri dari Gloves, Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Non-Medical Mask, Medical Goggle, Medical Cap, Shoe Cover, N-95 Mask dan Face Shield serta juga Vitamin.

President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda mengatakan, Toyota Indonesia menyampaikan simpati kepada semua pihak yang terkena dampak Covid-19 serta apresiasi yang tinggi kepada para petugas kesehatan dan pemerintah yang berada di garis terdepan dalam penanggulangan Covid-19 ini. 

Baca juga : Pandemi Covid-19 Jadi Momen Dongkrak Bisnis Hortikultura

“Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi dengan semangat kebersamaan dalam menjalankan protokol yang ketat dan didukung sarana dan prasarana yang memadai,” ujarnya di Jakarta, Kamis (14/5).

Menurut dia, Toyota Indonesia akan selalu berdampingan dengan semua pihak untuk menghadapi wabah ini. Pihaknya menyadari, kebutuhan untuk memerangi pandemi ini sangat besar dan Toyota Indonesia akan terus berupaya untuk memberikan berbagai kontribusi melalui program #ToyotaAdaUntukAnda. 

“Kami berharap, donasi dari Toyota Indonesia ini dapat mendukung sarana dan prasana dalam percepatan penanganan wabah Covid-19,” katanya.

President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Warih Andang Tjahjono mengatakan, sebagai bagian bangsa Indonesia, Toyota Indonesia terpanggil untuk turut serta dalam upaya-upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Selain bantuan langsung kepada masyarakat dan tenaga medis, Toyota juga berbagi pengetahuan dan pengalaman kami di bidang manufaktur, supply chain, manajemen stock (persediaan) hingga penanganan logistik kepada berbagai pihak yang membutuhkan.  

Baca juga : Tangani Covid-19, Ichitan Serahkan Bantuan Buat Pedagang Keliling

“Kami berharap dukungan ini dapat memberikan nilai tambah serta efisiensi di berbagai sektor terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi Covid-19,” katanya 

Sebelumnya Toyota Indonesia telah melakukan beberapa kontribusi untuk mendukung penanggulangan wabah Covid-19. Antara lain bantuan langsung pemberian paket bahan pokok dan hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya kepada masyarakat di sekitar area kerja TAM, TMMIN, dan dealer Toyota di seluruh Indonesia.

Toyota juga menyalurkan 1.000 APD melalui program SATRIA ke beberapa Rumah Sakit dan Puskemas di Indonesia. Selain itu, bersama dengan Astra International menyiapkan 5 unit Dyna yang digunakan untuk disinfektan kepada PMI.

Toyota juga memberikan dukungan penuh pada Industri Kecil Menengah (IKM) dan supply chain untuk mempercepat pengembangan alat kesehatan dan APD di dalam negeri. Kemudian, memperkenalkan Toyota Production System untuk membantu memperbaiki sistem logistik bersama PMI agar menjadi lebih efisien.

Baca juga : Efek Pandemi Covid-19, Permintaan Nanas Banasari Makin Meningkat

Warih mengatakan, beberapa supply chain Toyota saat ini, dengan bekerjasama dengan pihak-pihak berkepentingan, terlibat dalam pengembangan berbagai APD seperti medical google, flocked swab, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield. Harapannya, keterlibatan pemasok lokal Toyota akan dapat mempercepat dan memperbanyak produksi APD di dalam negeri sehingga dapat mendukung upaya melawan Covid-19 di Indonesia. [DIT]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.