Dark/Light Mode

Tangani Covid-19, Triputra Group Serahkan Bantuan Rp 30,3 Miliar

Rabu, 6 Mei 2020 18:20 WIB
Perwakilan Triputra Group Erida Djuhandi (kanan) saat menyerahkan bantuan  Sembako untuk Yayasan Sayap Ibu di Barito, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)
Perwakilan Triputra Group Erida Djuhandi (kanan) saat menyerahkan bantuan Sembako untuk Yayasan Sayap Ibu di Barito, Jakarta Selatan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dampak wabah virus Corona (Covid-19) tidak hanya membahayakan kesehatan manusia namun menimbulkan korban jiwa yang tidak sedikit, di samping itu juga berpengaruh terhadap ekonomi global dan nasional.

Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah corona di sisi ekonomi, Triputra Group berpartisipasi memberikan bantuan senilai Rp 30,3 miliar.

CEO Triputra Group Hadi Kasim menjelaskan, bantuan ini merupakan sumbangan dari karyawan dan perusahaan di Triputra Group. "Bantuan yang diberikan telah dimulai sejak akhir Maret lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

"Adapun bentuk donasi terbagi dalam beberapa kegiatan, antara lain pemberian sembako bagi 58 panti asuhan selama 4 bulan berturut turut. Lalu pembagian 25.000 paket sembako yang didistribusikan ke pengendara ojek online di area Jabodetabek dan petani mitra binaan," ujar Hadi, Rabu (6/5).

Baca juga : Lawan Covid-19, TransJakarta Serahkan 500 APD untuk 25 Puskesmas

Selain bantuan sembako, Triputra Group juga membagikan Alat Pelindung Diri (APD) seperti 6.500 baju Hazmat (Hazardous Material), 7.000 pelindung wajah, 600 liter handsanitizer, 72.000 sarung tangan medis, 96.000 masker medis, 4.000 unit alat rapid tes yang diberikan kepada 245 fasilitas kesehatan di Jabodetabek, Jawa Barat, Kalimantan, Ambon, Larantuka dan Labuan Bajo.

Sejumlah APD yang disumbangkan juga hasil donasi karyawan Triputra Group dalam gerakan “Insan Triputra Peduli”.

"Selain itu kami juga memberikan beasiswa dari Yayasan A&A Rachmat serta donasi melalui Yayasan Buddha Tzu Chi, salah satu anak perusahaan Triputra Group juga turut membantu pemerintah dalam mengembangkan alat bantu pernapasan (ventilator)," tambah Hadi.

Hadi menambahkan berbagai bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian Triputra Group dalam menanggapi kondisi masyarakat yang sedang dilanda pandemi Covid-19 serta wujud partisipasi untuk tenaga medis di gugus depan.

Baca juga : Lawan Covid-19, Repower Serahkan APD pada Pemprov DKI

"Selain bantuan, Triputra Group juga telah menerapkan protokol mitigasi wabah corona di internal perusahaan salah satunya dengan membentuk organisasi penanganan corona di masing- masing perusahaan," kata Hadi.

Adapun protokoler yang disiapkan berupa Teknis Penanganan Covid-19 yaitu Business Contigency Plan, SOP yang terkait dengan Covid-19, SK Larangan mudik serta diadakannya layanan konseling online untuk para karyawan dan keluarganya.

Seluruh unit usaha Triputra Group turut serta dalam gerakan donasi ini, seperti Triputra Investindo Arya, Padang Karunia Group, Triputra Agro Persada, Kirana Megatara, Sumber Energi Pangan, Dharma Group, Pako Group, Bina Busana Internusa, ASSA Group, Daya Group dan Anteraja.

Adapun unit usaha lainnya seperti Dharma Group yang memproduksi face shield dan ventilator, Bina Busana Internusa memproduksi baju hazmat dan masker reusable.

Baca juga : Lawan Covid-19, Inggris Ajak Negara Lain Percepat Bikin Vaksin

Untuk pengiriman donasi dilakukan oleh Anteraja secara gratis, serta pengadaan barang yang dikoordinir oleh Kedai Sayur. Turut serta pula partisipasi aktif dari karyawan Puninar Group, Anugerah Mortar Abadi dan Indonesia-Philipines Management.

Selain itu Triputra Group turut berpartisipasi dalam “Relawan Anak Bangsa”, yaitu gabungan 16 Perusahaan Nasional dan Yayasan yang berkomitmen mendukung pemerintah menanggulangi wabah Covid 19.

"Seluruh jajaran management Triputra Group secara konsisten mengajak seluruh karyawan dan masyarakat untuk berperan aktif dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak dan menunda kegiatan mudik," pungkas Hadi. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.