Dark/Light Mode

Sistem Imun Tubuh Dengan Probiotik Cegah Virus Di Masa Pandemic Corona

Jumat, 15 Mei 2020 18:03 WIB
Sistem Imun Tubuh Dengan Probiotik Cegah Virus Di Masa Pandemic Corona

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk hidup berdamai dengan virus corona, hal ini diperkuat pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang juga menyebut Covid-19 tersebut mungkin tidak akan pernah hilang dari bumi ini.

Presiden Direktur PT Agro Mitra Alimentare (AMA), Ge Recta Geson mengatakan, agar masyarakat bisa hidup berdamai dengan virus termasuk Covid-19 dan semua patogen adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun.

Dijelaskan, Mikrobiota yang ada dalam saluran cerna akan menstimulasi sel limfatik pada usus untuk memproduksi 70-80 persen imun yang beredar dalam tubuh. Mikrobiota memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam tubuh.

Baca juga : Survei BI: Pertumbuhan Harga Properti Residensial Di Pasar Primer Melambat

"Pada gilirannya imun yang optimum ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ. Sehingga kita bisa terhindar dari segala macam penyakit,” kata Recta, dalam Konferensi Pers “Membangun dan Memelihara Sistem Imun Tubuh dengan Probiotik untuk Melawan Virus dan Patogen lain” yang diselenggarakan secara virtual Jumat 15 Mei 2020.

Hal senada dikemukakan pula oleh Prof. Subijanto Marto Sudarmo, Guru Besar FK-Unair yang mengatakan merawat mikroba jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menghancurkan mikroba jahat.

"Merawat mikroba baik mungkin lebih penting daripada menghancurkan mikroba jahat. Kita tidak bisa hidup tanpa mikroba, karena jika kita membersihkan mikroba maka kita akan lemah dan tidak bisa hidup menjadi manusia," ujar Prof Subijanto yang juga pakar probiotik.

Baca juga : INDEF Waspadai Bencana Utang Di Masa Pandemi

Dia juga mengatakan bahwa ada sekitar 1100 miliar mikroba yang hidup di usus manusia, hal ini menjadikan usus merupakan organ penting dalam sistem kesehatan manusia.

"Jika kita bisa mempertahankan 80 persen mikroba baik di usus kita dan membiarkan 20 persen mikroba jahat, maka kita akan sehat dan terhindar dari banyak penyakit, jadi sangat penting kita makan makanan berfermentasi agar asupan prebiotik kita tetap terjaga," tambah Prof. Subijanto.

PT Agro Mitra Alimentare saat ini memiliki produk yang mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, PROEM•1. Poduk ini adalah imunomodulator peningkat dan penjaga daya tahan tubuh yang memiliki kandungan probiotik tinggi dan berguna untuk menjaga agar saluran pencernaan tubuh bekerja dengan baik, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : Komisi XI DPR Dukung Kebijakan Keuangan Pemerintah dalam Tangani Wabah Corona

PRO EM•1 adalah Suplemen (Konsentrat minuman sehat probiotik) yang berisi probiotik multi-strain yang hidup dan aktif. Probiotik yang beragam sudah membentuk food cycle atau ekosistem kecil di dalam produk, sehingga mempunyai masa simpan yang panjang.

PRO EM•1 telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (Badan POM-RI). Jadi masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir untuk membeli dan mengonsumsi produk ini. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.