Dark/Light Mode

Ini Arahan Jokowi Untuk Cegah PHK Di Tengah Pandemi Corona

Rabu, 22 April 2020 13:45 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meminta jajarannya memastikan efektivitas paket stimulus ekonomi terhadap sektor riil. Hal ini untuk mencegah perusahaan tidak melakukan PHK di tengah pandemi corona.

“Karena sektor riil menyerap banyak tenaga kerja, saya harapkan mereka mampu bertahan dan tidak lakukan PHK,” kata Presiden saat membuka rapat terbatas terkait Lanjutan Program Mitigasi Dampak Covid-19 pada Sektor Riil, Rabu (22/4).

Baca juga : Pemerintah Dinilai Sudah Tanggap Hadapi Pandemi Covid-19

Untuk menyelamatkan sektor riil, Jokowi menginstruksikan jajarannya melakukan tiga upaya. Pertama, penilaian atau kajian yang cepat terhadap sektor dan subsektor riil yang terdampak. “Tolong dipisahkan sektor apa yang parah, sektor apa yang sedang, sektor apa yang bertahan, dan justeru malah bisa mengambil peluang,” ucap Presiden.

Kemudian, Jokowi mengingatkan stimulus ekonomi juga harus efektif tersalurkan kepada sektor usaha mikro, selain usaha kecil dan menengah. Pun demikian dengan sektor-sektor ekonomi yang informal. Terakhir kebijakan stimulus ekonomi harus disalurkan secara merata dan tepat sasaran.

Baca juga : Demokrat Fokus Tangani Corona

Jokowi juga meminta skema penyaluran stimulus ekonomi juga harus dilakukan secara terbuka, transparan dan terukur. "Sektor apa yang mendapatkan stimulus apa, dan bisa menyelamatkan tenaga kerja berapa, semua dihitung. Saya minta diverifikasi detail, dievaluasi secara berkala," ujarnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.