Dark/Light Mode

Lion Air: Seluruh Penumpang Dari Bandara Soetta Telah Sesuai SOP Covid-19

Sabtu, 16 Mei 2020 12:00 WIB
Lion Air: Seluruh Penumpang Dari Bandara Soetta Telah Sesuai SOP Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Lion Air Group mengklaim penumpang yang diterbangkan melalui Bandara Soekarno Hatta (Soetta) telah memenuhi aturan jaga jarak dan sesuai dengan standar operasional yang ditetapkan pada masa pandemi Covid-19.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion telah menugaskan 15 personel layanan darat (ground handling) untuk mengatur antrean calon penumpang, dan jarak antar calon penumpang.

Setiap calon penumpang diingatkan agar mempersiapkan seluruh dokumen perjalanan yang disyaratkan, sebelum masuk pintu pemeriksaan pertama (security check point) di terminal keberangkatan bandar udara.

Baca juga : Tak Terapkan PSBB, Kota Semarang Sukses Landaikan Kasus Covid-19

"Kami menegaskan, antara penumpang satu dengan penumpang lainnya tidak bersentuhan. Karena terdapat jarak yang telah dibuat, yaitu dengan mengosongkan satu kursi antara penumpang satu dengan penumpang lainnya," kata Danang dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (16/5).

Danang menambahkan, pelaksanaan penerbangan berjalan lancar, karena seluruh stakeholder telah bekerja sama dan melaksanakan fungsi masing-masing dengan baik.

Dengan begitu, antrean menjadi lebih baik. Sehingga, penerbangan dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan. Keberangkatan pun menjadi tepat waktu.

Baca juga : Maaf, Tahun Ini IIMS Batal Digelar Karena Covid-19

"Kami akan terus meningkatkan kemampuan staf dan petugas ground handling dalam melakukan penanganan menurut standar operasional prosedur. Terutama, kemampuan dalam mencermati pengecekan dokumen-dokumen perjalanan," tutur Danang.

Sebagaimana berlaku pada masa pandemi Covid-19 ini, Lion Air Group optimistis dapat meningkatkan sinergi bersama pihak lainnya. Agar operasional bisa berjalan tepat, dengan harapan pelaksanaan penerbangan tetap mengutamakan unsur-unsur keselamatan, keamanan dan tidak menyebabkan penyebaran Covid-19.

"Kami telah mengimplementasikan semua standar operasional penerbangan selama pandemi Covid-19. Semua awak pesawat yang aktif terbang, sudah menjalani rapid test dengan hasil negatif. Pemeriksaan kesehatan sebelum penerbangan (pre-flight health check), guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight). Kami juga menyediakan cairan pembersih kuman pada tangan (hand sanitizer) bagi tamu atau penumpang, ketika mulai proses pelaporan (check-in)," papar Danang.

Baca juga : Ekonom: 4 Kebijakan OJK Bantu Sektor Keuangan Di Tengah Covid-19

Sebelum terbang, pesawat disemprot disinfektan, demi memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat.

Awak pesawat, petugas layanan darat (ground handling) dan seluruh kru Lion Air Group diwajibkan mengikuti protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan secara teratur, menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, membersihkan tangan dengan cairan pembersih (hand sanitizer), serta menggunakan masker dan sarung tangan. [KPJ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.