Dark/Light Mode

Dukung Program Kemenkop

BGR Distribusikan Dagangan PT Berdikari Ke Pelaku UKM

Senin, 18 Mei 2020 22:16 WIB
BGR mendistribusikan 5.040 kilogram telor milik PT Berdikari ke pelaku UKM
BGR mendistribusikan 5.040 kilogram telor milik PT Berdikari ke pelaku UKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Bhanda Ghara Reksa atau BGR Logistics dipercaya mendukung Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop). Praktiknya, BGR mendistribusikan 5.040 kilogram telor milik PT Berdikari ke pelaku UKM yang tergabung dalam program Warung Tetangga Kemenkop.

Kerja sama ini ditandai dengan penyerahan telor dari Berdikari ke gudang konsinyasi BGR Logistics yang berada di BGR Logistics Divre DKI Jakarta.

Penyerahan perdana tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Operasional Berdikari Muhammad Hasyim kepada Direktur Utama BGR Logistics M Kuncoro Wibowo.

Dijelaskan Hasyim, program ini merupakan bagian dari partisipasi Berdikari sebagai bagian dari BUMN klaster pangan dalam menjaga ketersediaan bahan pangan, khususnya sumber makanan protein hewani. Juga dalam rangka menjaga setabilitas harga telor di level peternak.

Baca juga : Dukung Program Warung Tetangga, Berdikari Dan BGR Salurin 5.040 Kg Telur

Sebagai catatan. Tahap pertama, Berdikari melakukan penyerapan telor dari peternak melalui Koperasi Putra di Blitar, Jawa Timur sebanyak 5.040 kg dengan harga Rp 16.500 per kg.

"Hal ini kami harapkan juga dapat membantu peternak dalam proses distribusi produknya. Selain itu penyerapan telur ini merupakan bentuk dukungan Berdikari dalam program Kemenkop guna membangkitkan UKM melalui Program Warung Tetangga," tutur Hasyim.

Di sisi lain, Kuncoro memastikan penyaluran telor-telor tersebut akan sampai ke tangan pelaku UKM Warung Tetangga. Instrumennya, proses pemasaran dan distribusi tersebut akan dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi yang telah disiapkan BGR Logistics.

Dengan aplikasi ini, Kuncoro menyebut pelaku UKM yang tergabung Program Warung Tetangga Kemenkop bisa membeli telor dari Berdikari. Tinggal order secara online, barang langsung dikirim ke lokasi oleh pihak BGR.

Baca juga : Motor Listrik Bertanda Tangan Jokowi Laku Rp 2,5 M

“Agar para pelaku UKM warung dapat tetap menjaga ketersediaan stok barang yang akan dijual ke masyarakat,” katanya.

Dia berharap, dengan menggunakan aplikasi ini, rantai pasok bisa semakin praktis. Sehingga diharapkan masyarakat terbantu mendapatkan kebutuhan pangan dengan mudah di pelaku UKM Warung Tetangga Kemenkop.

"Sehingga masyarakat tidak mendapatkan kesulitan dalam mendapatkan bahan pangan seperti telor yang telah disiapkan oleh Berdikari," imbuh Kuncoro.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Perikanan dan Peternakan, Kemenkop dan UKM Budi Mustopo mengapresiasi dukungan yang diberikan BUMN.

Baca juga : Dukung Pemerintah, Pegadaian Perluas Akses Pendanaan Bagi Nelayan

Dalam hal ini Berdikari dan BGR Logistics dalam mendukung kelancaran program berbelanja di warung Tetangga.

“Saya berharap lebih banyak pihak turut serta terlibat dalam program Warung Tetangga untuk mendukung para pelaku UKM dan koperasi agar sektor riil juga terus bergerak,” pungkas Budi. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.