Dark/Light Mode

Sebanyak 465 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Minggu, 24 Mei 2020 19:30 WIB
Ilustrasi jalan tol Jakarta. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi jalan tol Jakarta. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Marga (Persero) mencatatkan jumlah kendaraan keluar dari Jakarta menuju arah Timur, Selatan, dan Barat pada H-7 hingga H-1 Lebaran mencapai 465.582 kendaraan. Angka ini anjlok 62 persen dari lalu lintas kendaraan pada Lebaran yang sama di tahun lalu.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah, sebesar 39 persen menuju arah Timur, 34 persen ke arah Barat, dan 27 persen ke arah selatan.

Ia merinci, kendaraan keluar dari Jakarta menuju arah Timur melewati dua gerbang tol (GT). Di antaranya GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

Baca juga : Perketat Izin Keluar Masuk Jakarta

Total kendaraan melewati GT Cikampek Utama tercatat sebesar 103.440 unit atau turun 81 persen dari Lebaran 2019. Sedangkan kendaraan yang melewati GT Kalihurip Utama terdara sejumlah 76.357 unit atau turun 64 persen dari Lebaran 2019.

"Dengan begitu, total kendaraan yang melintas menuju arah timur adalah sebanyak 179.797 kendaraan, turun 76 persen dari Lebaran 2019," katanya dalam keterangan resminya, Minggu (24/5).

Sementara itu, kata Dwimawan, untuk kendaraan menuju arah barat, Jasa Marga mencatat pengemudi melewati GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang. Kendaraan yang terekam melewati GT ini adalah 157.926 unit atau turun 42 persen dari Lebaran 2019.

Baca juga : Jasa Marga Catat 367.703 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Kemudian, pengemudi kendaraan yang meninggalkan Jakarta ke arah selata atau lokal umumnya melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi. Hingga H-1 Lebaran, ada 127.859 kendaraan melintasi GT ini. Angka tersebut turun 33 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, pada H-7 hingga H-1 Lebaran 2020, Jasa Marga melaporkan lalu-lintas tertinggi untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari ketiga arah tersebut terjadi pada H-4 Lebaran, yakni mencapai 92.668 kendaraan.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19 dengan tidak mudik dan tidak piknik," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.