Dark/Light Mode

ASDP Siap Terapkan New Normal Di Setiap Layanan Pelabuhan

Senin, 1 Juni 2020 18:45 WIB
ASDP siapkan skenario New Normal di tiap kantor cabang dan pelayanan di pelabuhan penyeberangan.
ASDP siapkan skenario New Normal di tiap kantor cabang dan pelayanan di pelabuhan penyeberangan.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap menerapkan skenario New Normal di tiap kantor cabang dan pelayanan di pelabuhan penyeberangan.

Direktur Utama ASDP Indonesia, Ferry Ira Puspadewi menuturkan, ada tiga hal utama dalam protokol yang menjadi perhatian bersama dan harus dipatuhi. 

Protokol tersebut, wajib menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, rajin cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan pastikan untuk menjaga jarak fisik minimal 1,5-2meter.

Baca juga : Si Rubah Siap Berlaga Tanpa Ditonton Penggemar

ASDP juga telah membentuk task force kesiapsiagaan antisipasi dan penanganan dampak penularan Covid-19. 

"Dalam konsep The New Normal, kami targetkan layanan penyeberangan dapat berjalan normal, lancar, aman dan nyaman yang didukung kesadaran penuh seluruh stakeholder. Utamanya pengguna jasa dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19," ujarnya dalam keterangan resminya, Senin (1/06). 

Sejak awal pandemi Covid-19, kata Ira, yang menjadi fokus utama adalah kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat dan karyawan (people first).

Baca juga : Ini Saran Pengamat Soal The New Normal di Sektor Transportasi Umum

Untuk itu, ASDP terus menerapkan protokol preventif di seluruh pelabuhan dan kapal-kapal. Mulai dari desinfektan lingkungan, pemeriksaan suhu tubuh, pengaturan physical distancing saat kendaraan dan penumpang akan masuk keluar maupun berada di kapal, serta mewajibkan penggunaan masker bagi pengendara maupun petugas saat berada di pelabuhan maupun di kapal. 

Bahkan, untuk pemuatan penumpang dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas kapal. Adapun kebijakan yang diberlakukan dalam mendukung protokol interaksi tersebut mulai dari penerapan Online Ticketing System (Ferizy), sosialisasi perilaku hidup sehat dan protokol oesehatan (physical distancing di kantor, kapal dan pelabuhan). 

ASDP juga telah menerapkan Work From Home (WFH), rapat virtual dengan video conference, desinfeksi/ sterilisasi area kerja dan kapal secara berkala, virtual learning, posko angkutan lebaran pemantauan online, absensi online bagi seluruh karyawan, dan program ASDP menyapa.

Baca juga : The New Normal untuk Indonesia Lepas Landas

"Untuk program Ferizy sebenarnya sudah kita ciptakan setahun lalu, jauh sebelum Covid-19 melanda Indonesia. Dengan kondisi saat ini, penjualan tiket secara online menjadi keniscayaan, masyarakat semakin mudah, cepat, dan tentunya lebih aman dan nyaman karena physical distancing terpenuhi maksimal dimana kontak dengan petugas loket semakin minim," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.