Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AP II Ngebut Kelarin Implementasi Pengecekan Dokumen Perjalanan Secara Digital

Jumat, 5 Juni 2020 22:46 WIB
AP II Ngebut Kelarin Implementasi Pengecekan Dokumen Perjalanan Secara Digital

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II terus ngebut merampungkan Pre-Clearance Document Information System, untuk melakukan pengecekan dokumen perjalanan penumpang pesawat rute domestik secara digital, di tengah pandemi Covid-19.

Di tengah pandemi ini, setiap calon penumpang pesawat rute domestik harus memiliki dokumen tambahan yang dipersyaratkan, untuk dapat melakukan perjalanan.

Baca juga : Perbarindo Apresiasi Peran Mahasiswa Dukung Bank Perkreditan Rakyat

Saat ini, pengecekan dokumen dilakukan di bandara. PT Angkasa Pura II tengah membangun sistem agar pengecekan dilakukan secara digital.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, pengecekan secara digital bertujuan untuk menyederhanakan prosedur, namun tetap dijalani secara ketat. Serta untuk meningkatkan customer experience.

Baca juga : Panggil Ketua KPK, Mahfud MD Minta Penegakan Hukum Tanpa Pandang Bulu

“Target kami, setelah 7 Juni 2020, sudah bisa dilakukan pengecekan dokumen secara digital di Bandara Soekarno-Hatta. Ini bukan sesuatu yang direncanakan sejak lama. Namun, harus diimplementasikan secara cepat, dengan tetap memastikan pemeriksaan berjalan ketat. Serta mengutamakan prinsip kehati-hatian," jelas Awaluddin.

“Persyaratan dokumen untuk penerbangan ini bisa menjadi kenormalan baru. Agar customer experience di bandara tetap terjaga, AP II harus cepat mengimplementasikan pemeriksaan secara digital. Digitalisasi dapat menyederhanakan prosedur, namun tetap ketat,” lanjutnya.

Baca juga : Tak Mau Kecolongan, Kemenhub Perketat Pengawasan Jelang Idul Fitri

Persiapan secara cepat dan matang terus dilakukan perseroan. Antara lain, dengan melakukan simulasi rutin hampir setiap hari sejak 31 Mei 2020. Kemudian, pada 4-5 Juni 2020, dilakukan simulasi dengan melibatkan penumpang Garuda Indonesia di Terminal 3 Soekarno-Hatta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.