Dark/Light Mode

Pasuruan-Probolinggo Cuma 30 Menit

Menteri Rini: Biaya Logistik Berkurang

Sabtu, 16 Februari 2019 21:49 WIB
Menteri BUMN, Rini Soemarno (kiri) saat memberikan penghargaan pada PT Waskita Karya atas pembangunan jalan tol Paspro, Jumat (15/2). (Foto: Twitter @PT Waskita Karya Tbk.).
Menteri BUMN, Rini Soemarno (kiri) saat memberikan penghargaan pada PT Waskita Karya atas pembangunan jalan tol Paspro, Jumat (15/2). (Foto: Twitter @PT Waskita Karya Tbk.).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno baru saja mengunjungi tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Dengan adanya tol ini, waktu tempuh dari semula 2,5 jam jadi 30 menit. Dia pun berharap biaya logistik di Jawa Timur (Jatim) berkurang.

Kunjungan Rini ke ruas tol Paspro ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya di Jatim. Dia mengapresiasi kinerja Waskita Karya sebagai kontraktor proyek tol ini. “Saya senang dan bangga tol siap dioperasikan,” ujarnya dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Mantan Menteri, Dua Eks Gubernur Turun Gunung

Rini berharap pembangunan tol ini membawa berkah. Misalnya berdampak bagi pemerataan pertumbuhan ekonomi wilayah sekitar. Di lain sisi, tol ini juga bisa memperlancar mobilitas warga. Terakhir, bisa mengurangi biaya angkutan logistik di Jatim.

Sekadar informasi, ruas tol Paspro merupakan bagian dari tol Trans Jawa yang bakal dioperasikan dalam waktu dekat. Sebelumnya tol sepanjang 31,3 kilometer (km) ini telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Baca juga : Menteri Rini Happy, Biaya Logistik Bisa Lebih Murah

Waskita Karya memulai proyek ini sejak Mei 2016, dan selesai Desember 2018. Beroperasinya tol Paspro diharapkan dapat memangkas waktu tempuh secara signifikan perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya, dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

Konektivitas yang lebih baik juga akan membuka peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal. Tol Paspro dibangun dengan nilai investasi Rp 3,5 triliun untuk tiga seksi dengan konsesi 45 tahun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.