Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil I Provinsi Riau

Mantan Menteri, Dua Eks Gubernur Turun Gunung

Senin, 14 Januari 2019 10:44 WIB
Lukman Edy (kiri) caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Arsyadjuliandi Rachman (tengah) caleg dari Partai Golkar dan Wan Abu Bakar (kanan) caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN).
Lukman Edy (kiri) caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Arsyadjuliandi Rachman (tengah) caleg dari Partai Golkar dan Wan Abu Bakar (kanan) caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) I Provinsi Riau kini jadi salah satu dapil terpanas di tanah Sumatera. Partai besar menurunkan politisi kaliber nasional. Ada mantan menteri, bekas gubernur, juga petahana. Dapil dengan cakupan wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, dan Kota Meranti ini diikuti 92 caleg. Mereka akan berebut 7 kursi DPR.

Partai Gerindra contohnya, menurunkan dua politisi ber-pengalaman. Adalah Miftah Nur Sabri dan Muhammad Rahul Latar belakang keilmuan dan pengalaman Miftah tentang politik tidak main-main. Dia adalah jebolan Fakultas Ilmu Politik Universitas Indonesia. Kerap melakukan survei politik dan memiliki jaringan pertemanan di kalangan politisi. Sementara, Muhammad Rahul merupakan caleg muda potensial. 

Baca juga : 52 Calon Bakal Tumbang, Menteri Jokowi Dilawan Kaum Hawa

Tidak mau kalah, PKB pun tidak main-main. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini menurunkan mantan Menteri Percepatan Daerah Tertinggal (PDT) Lukman Edy. Anggota Komisi II DPR ini diharapkan bisa menyumbang kursi. PKB juga mencalonkan, Purwaji, salah satu petinggi GP Anshor.

Komposisi caleg PDIP jugatidak kalah serem. Selain menurunkan petahana Effendy Sianipar, juga menjagokan anggota DPRD Riau T Rusli Ahmad. Partai Golkar juga sama menempatkan petahana Tabrani Maamun. Beringin juga menurunkan politisi senior Sudirman Almun dan mantan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

Baca juga : Tersedia 9 Kursi DPR, Alex Noerdin Disaingi Bekas Bupati

Partai Nasdem menjagokan mantan politsi Gerindra Rita Zahra. Dia adalah kakak kandung Nazaruddin.PKS tidak mau kalah menggigit. Mereka berani menurunkanpetahana Chairul Anwar dan mubalig sekaligus pengusaha Riau Hendry Munief. Partai Demokrat ikut bermanuver. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini memplot Wakil Ketua DPP Demokrat, Cornel Simbolon serta petahana Sayyed Abu Bakar Assegaf.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.