Dark/Light Mode

Kucurkan Rp 146,2 Miliar

Adi Sarana Armada Akuisisi Perusahaan Lelang Asal Jepang

Senin, 18 Februari 2019 08:08 WIB
Kucurkan Rp 146,2 Miliar Adi Sarana Armada Akuisisi Perusahaan Lelang Asal Jepang

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Adi Sarana Lelang (BidWin) yang merupakan anak usaha PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) mengakuisisi 51 persen kepemilikan saham perusahaan balai lelang otomotif asal Jepang, PT JBA Indonesia.

Total biaya akuisisi saham tersebut senilai Rp146,2 miliar, dengan menggunakan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) perseroan untuk Tahun 2019 yang telah disiapkan sebesar Rp1,2 triliun.

Presiden Direktur ASSA, Prodjo Sunarjanto mengatakan, akuisisi PT JBA Indonesia ini menjadi langkah strategis ASSA dalam memperkuat bisnisnya di bisnis lelang otomotif.

“Langkah akusisi ini, ditargetkan bisa membawa BidWin menjadi balai lelang otomotif terbesar dan terbaik di Indonesia,” kata Prodjo di Jakarta, kemarin.

Baca juga : PUPR Anggarkan Rp 318 Miliar Atasi Kekumuhan Kota

Dengan akusisi saham oleh BidWIN, sisa kepemilikan saham JBA Indonesia sebesar 33,4 persen saat ini dimiliki oleh Japan Bike Auction Company Ltd. 7,8 persennya lagi dimiliki PT Summit Auto Group, dan sebesar 7,8 persen sisanya, dimiliki Mitusi&Co Ltd.

“Setelah akuisisi, kedua perusahaan antara Bidwin dan PT JBA Indonesia resmi bergabung, nama perusahaan kini menggunakan PT JBA Indonesia,” ujar Prodjo.

Direktur ASSA Hindra Tanujaya menambahkan, melihat potensi bisnis balai lelang yang besar di Indonesia, perseroan menargetkan menjual lebih dari 100.000 kendaraan pada 2019.

Tahun lalu, jumlah kendaraan lelang yang dijual mencapai 80 ribu. Dari jumlah tersebut, 60 persennya merupakan kendaraan roda dua.

Baca juga : Suami Digoyang, Istri Melawan

“Untuk ketersediaan 100.000 unit kendaraan yang ditargetkan akan dijual pada 2019, sebagian besar akan didapatkan dari sumber eksternal,” kata Hindra.

Selain itu, kendaraan yang akan dilelang juga berasal dari sumber-sumber internal, termasuk ASSA yang merupakan perusahaan penyewaan kendaraan.

“Kendaraan operasional yang akan dijual nantinya rata-rata berumur 4 tahun. JBA Indonesia sebelumnya juga sudah bermitra dengan perusahaan dari Jepang, dia punya group finance company yang akan memasok kendaraan. Tapi, paling besar pemasok kendaran kita tetap dari luar perusahaan,” ujarnya.

Saat ini, JBA Indonesia sudah memiliki balai lelang dan pool kendaraan di 17 lokasi yang tersebar di kotakota besar Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang, Makasar, Palembang, Balikpapan hingga Banjarmasin.

Baca juga : Pemilu Bisa Dongkrak Konsumsi Masyarakat

“Dengan adanya kusisi ini, kita targetkan ada tambahan 4 titik balai lelang dan pool dalam waktu dekat,” tegas Hindra. (NOV)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.