Dark/Light Mode

Teken Perjanjian Definitif, MIND ID Ambil Alih 20 Persen Saham PTVI

Sabtu, 20 Juni 2020 14:31 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) menyaksikan MIND ID meneken perjanjian definitif dengan Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM), untuk pembelian 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI), Jumat (19/6). (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) menyaksikan MIND ID meneken perjanjian definitif dengan Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM), untuk pembelian 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI), Jumat (19/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding BUMN Pertambangan, MIND ID telah menandatangani perjanjian definitif dengan Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM), untuk pembelian 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) pada, Jumat (19/6).

Sebelumnya, PTVI menandatangani amandemen Kontrak Karya (KK) tahun 1996 dengan pemerintah Indonesia. KK tersebut akan berakhir pada Desember 2025.

Agar PTVI berhak atas perpanjangan lisensi untuk tetap beroperasi di luar 2025, maka ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Termasuk, divestasi 20 persen saham PTVI kepada pemerintah Indonesia.

Baca juga : Top, Penjualan Mobil Honda Online Meroket Saat Pandemi

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, langkah ini sesuai dengan mandat MIND ID untuk mengelola cadangan mineral strategis Indonesia, dan mendorong hilirisasi industri pertambangan nasional.

"Kita berhasil menambah lagi kepemilikan negara di sektor pertambangan. Indonesia merupakan salah satu produsen nikel terbesar di dunia. Sehingga, transaksi saham PTVI ini menjadi bagian penting dalam rencana pengembangan industri baterai untuk mobil listrik. Nikel memiliki potensi tinggi pada masa depan, seiring pesatnya tren kendaraan listrik di dunia,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Transaksi ini menggambarkan komitmen pemerintah Indonesia dalam memastikan lingkungan yang ramah bisnis, serta pengembangan strategis jangka panjang dari industri pertambangan Indonesia.

Baca juga : BPS: Ekspor Pertanian Tumbuh 12,66 Persen

Saat ini, Indonesia memainkan peran strategis utama dalam industri nikel global. Transaksi ini merupakan pengembangan penting bagi industri nikel, mengingat kehadiran lama PTVI di Indonesia.

PTVI memiliki salah satu aset nikel terbaik dan terbesar di dunia. Kemitraan MIND ID dengan PTVI ini juga membuktikan tingginya kepercayaan perusahaan pertambangan global, terhadap peluang pasar di Indonesia.

“Partisipasi MIND ID di perusahaan tambang kelas dunia, seperti Vale Indonesia (Brazil/Kanada) dan Freeport Indonesia (AS), merupakan bukti keberhasilan Indonesia dalam menjaga dan menarik investasi perusahaan global ke industri pertambangan nasional,” pungkas Erick.

Baca juga : PKS Pelajari BKPM Ambil Alih Izin Kawasan Hutan

Proses transaksi ini ditargetkan selesai di akhir tahun 2020. Dengan demikian kepemilikan saham di PTVI, akan berubah menjadi VCL 44,3 persen, MIND ID 20 persen SMM 15 persen, dan publik 20,7 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.