Dark/Light Mode

Volume Penumpang Kareta Api Reguler Terus Meningkat

Selasa, 23 Juni 2020 20:21 WIB
Kereta api (Foto: Twitter @KAI121)
Kereta api (Foto: Twitter @KAI121)

RM.id  Rakyat Merdeka - Volume penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh dan lokal reguler terus meningkat sejak kembali dioperasikan pada 12 Juni lalu. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, pada 22 Juni terdapat sebanyak 29.560 penumpang yang diberangkatkan. Angka ini naik 49 persen dibandingkan 12 Juni yaitu 19.884 penumpang. 

Rinciannya, KA jauh jauh naik dari 1.157 penumpang menjadi 4.188 (naik 262 persen). Kemudian, penumpang KA lokal naik dari 18.727 penumpang menjadi 25.372 (naik 35 persen).

Baca juga : Penumpang KRL di Stasiun Bogor Numpuk Terus, Bus Gratis Kurang Banyak

“Kenaikan volume penumpang ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dari hari ke hari terkait layanan KAI di masa new normal,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (23/6).

Pada masa New Normal, KAI secara ketat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api. Tujuannya agar masyarakat dapat bepergian menggunakan kereta api dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai di tujuan. 

Baca juga : Sektor Riil Semoga Segera Terdongkrak

Hingga 22 Juni, terdapat 6.558 penumpang KA Jarak Jauh dan Lokal yang ditolak untuk melanjutkan keberangkatan karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah melalui SE Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020 dan SE DJKA No 14 Tahun 2020. “Hal ini menunjukkan bahwa KAI melaksanakan verifikasi persyaratan secara ketat sebelum mengizinkan penumpang untuk naik kereta api,” tegas Joni.

Pada masa New Normal, loket stasiun hanya melayani pembelian tiket go show atau 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Layanan reservasi tiket dilakukan secara online mulai h-7 keberangkatan salah satunya melalui aplikasi KAI Access. Selain bisa memesan tiket jauh-jauh hari, KAI Access juga memiliki fitur e-boarding pass yang membuat penumpang  tidak perlu mencetak boarding pass melalui mesin Check In Counter di stasiun. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi sentuhan dengan fasilitas stasiun.

Baca juga : Berkas Calon Penumpang Kereta Api Harus Komplet, Ini Syaratnya...

Fitur unggulan lain KAI Access adalah cancelation dan reschedule online. Melalui fitur ini, penumpang yang ingin membatalkan perjalanan atau mengubah jadwalnya tidak perlu lagi mendatangi loket atau customer service di stasiun. Meski di tengah pandemi, KAI tetap berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan.

“Berbagai inovasi yang dihadirkan, bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan layanan KAI sehingga tetap dapat menjaga physical distancing di tengah pandemi Covid-19,” tutup Joni. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.