Dark/Light Mode

Teknologi Kendaraan Sudah Makin Maju, Jangan Diberi `Minum` BBM Ron Rendah

Rabu, 24 Juni 2020 07:02 WIB
Kendaraan sedang mengisi BBM Ron tinggi (Foto: Istimewa)
Kendaraan sedang mengisi BBM Ron tinggi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggunaan BBM Ron rendah yang tak ramah lingkungan secara perlahan memang harus dikurangi demi keberlangsungan lingkungan hidup yang lebih baik. Penggunaan BBM Ron rendah, seperti Premium, juga dinilai sudah tidak cocok lagi mengingat saat ini teknologi berbagai kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, sudah menggunakan teknologi terbaru yang mengharuskan konsumsi BBM oktan tinggi.

Pengamat otomotif yang juga Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, sudah saatnya Indonesia untuk benar-benar serius dalam mendorong penggunaan BBM Ron tinggi. Pasalnya, BBM Ron rendah akan merusak lingkungan, menambah polusi, juga buruk bagi mesin kendaraan. "Sepatutnya kita sudah concern dengan masalah emisi gas buang pada oktan dan cetane rendah," kata Jusri, Selasa (23/6).

Baca juga : Terapkan Protokol Kesehatan, Gus Jazil Minta Kemenag Turun Tangan Bantu Pesantren

Jusri mengatakan, bila kendaraan beralih ke BBM oktan tinggi, secara otomatis komponen kendaraan akan berumur panjang. Kemudian, dari sisi tenaga atau power kendaraan lebih terjaga. Manfaat lain, jarak tempuh jadi kian jauh karena pembakaran mesin kendaraan lebih sempurna. “Sudah saatnya masyarakat menggunakan BBM Ron tinggi karena memiliki banyak kelebihan, mesin awet, tenaga kendaraan terjaga,” ujar Jusri. 

Dia meyakini, dengan edukasi bagus yang dijalankan pemerintah, secara perlahan publik akan menyadari dampak positif menggunakan BBM Ron tinggi. Ada pun untuk kendaraan angkutan, ia yakin pemerintah akan memiliki kebijakan yang tepat. Bahkan, ia menyarankan agar pemerintah juga tak ragu, untuk mulai sepenuhnya menyalurkan BBM Ron tinggi. "Pemerintah sebenarnya hanya perlu melakukan stop produk BBM oktan dan cetane rendah," kata dia.

Baca juga : Gapero: Kenaikan Cukai Cs Bikin Masyarakat Beralih Ke Rokok Ilegal

Meski begitu, dia menyarankan agar pemerintah mempertimbangkan betul dengan peralihan oktan rendah ke oktan tinggi. Salah satunya dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Bagi Jusri, sejatinya kebijakan memindahkan konsumsi BBM Ron tinggi juga cukup mudah asal semua pihak bahu membahu melakukan kampanye positif dengan cara yang lebih mudah dimengerti masyarakat. 

"Itu adalah simply policy. Namun, dalam hal ini tentunya ada faktor-faktor lain harus menjadi pertimbangan pemerintah sebelum policy tersebut dapat dirilis. Edukasi pre-launching ke masyarkat harus seimbang, gencar, melibatkan seluruh komponen," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.