Dark/Light Mode

BNI Lanjutkan Program 30.000 Swab Test Gratis di Yogyakarta

Sabtu, 27 Juni 2020 20:49 WIB
Swab test gratis yang dilakukan BNI d Yogyakarta, Sabtu dan Minggu (27-28 Juni 2020). (Foto: Dok BNI)
Swab test gratis yang dilakukan BNI d Yogyakarta, Sabtu dan Minggu (27-28 Juni 2020). (Foto: Dok BNI)

 Sebelumnya 
Pada kali yang kedua dari partisipasi kami dalam program CSR BNI ini, Pertamedika IHC menurunkan tim medis sebanyak 20 orang yang terdiri dari 6 swabber (dokter), 6 perawat asisten swabber, 4 administrasi, 2 orang yang membantu untuk perlengkapan acara.

Secara terpisah, CEO JSK Group Dennis Jang Sang Kyu menambahkan, “Untuk memastikan fasilitas pengujian yang aman dan akurat kepada massa, kami mengambil inisiatif mendatangkan alat-alat pengujian dari Korea, yaitu PCR swab kit, tenda medis yang bertekanan, serta bilik pengujian yang memungkinkan pengujian Covid-19 yang aman, baik untuk tenaga medis maupun pasien, secara berkelanjutan."

Baca juga : BNI Lanjutkan Program 30.000 Swab Test Gratis di Jawa Timur

"Kami senang bisa bekerja sama untuk tujuan mulia ini bersama RSPAU Dr S Hardjolukito. Ada rasa gembira yang dialami kami bersama dengan petugas di lapangan dalam menyampaikan program ini ke banyak kota," tambahnya.

Pelaksanaan uji usap gratis dilengkapi pemantauan epidemiologi dan follow-up kasus, yang berkolaborasi dengan Rumah Sakit Pertamina Bina Medika. Hasilnya akan dilaporkan langsung kepada pasien melalui nomor telepon seluler yang telah terdaftar pada saat registrasi. Maka hal ini bersifat sangat confidential dan merupakan bagian penting dalam peningkatan kecepatan penanganan kasus positif corona.

Baca juga : BNI dan IKA UNSRI Gelar Swab Test Gratis di Palembang

Dengan pengalaman itu, BNI menggandeng Rumah Sakit Pertamina Bina Medika untuk melakukan pengambilan sampel uji usap di beberapa daerah di Indonesia. Diharapkan, selain mempercepat pemutusan rantai penyebaran virus, hal ini dapat mempercepat pemulihan produktivitas menuju new normal.

Selama masa pandemi ini, bantuan CSR yang telah BNI berikan adalah bantuan tanggap darurat bencana wabah corona berupa alat pelindung diri (APD) kesehatan kepada rumah sakit rujukan yang tersebar di DIY serta 5.000 paket bahan kebutuhan pokok kepada masyarakat DIY yang terkena dampak Covid-19 senilai total Rp 2 miliar.

Baca juga : Ini Saran Pengamat Soal The New Normal di Sektor Transportasi Umum

Dalam kegiatan tersebut, terlihat animo masyarakat mengikuti uji usap gratis. Protokol kesehatan Covid-19 diterapkan dalam kegiatan ini, dari cek suhu dan cuci tangan saat kedatangan peserta, registrasi awal, penerapan physical distancing di tempat duduk antrean.

Selain itu dilakukan penyemprotan disinfektan di lokasi, hingga pelaksanaan lainnya sampai selesai. Petugas medis yang melayani uji usap juga menggunakan APD lengkap. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.