Dark/Light Mode

Hari Ini, Transaksi Kartu Kredit BNI Wajib Pakai PIN

Rabu, 1 Juli 2020 19:56 WIB
Ilustrasi Kartu Kredit BNI. (Foto: Dok. BNI)
Ilustrasi Kartu Kredit BNI. (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) mewajibkan seluruh pemegang kartu kredit untuk menggunakan Personal Identification Number (PIN) 6 Digit dan tidak lagi memakai tanda tangan saat bertransaksi terhitung efektif  Rabu 1 Juli 2020.

Per hari ini, autentikasi melalui tanda tangan tidak akan lagi diterima. Semua transaksi kartu kredit yang tidak menggunakan autentikasi PIN akan langsung ditolak oleh mesin electronic data capture (EDC) di merchant.

Pada kesempatan tertentu, bank penerbit kartu kredit bekerjasama dengan merchant memberikan berbagai promo seperti cicilan 0% dan cashback. Berbagai kemudahan yang ditawarkan membuat kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran yang banyak digunakan oleh nasabah untuk bertransaksi.

Sebelumnya, nasabah dapat memilih metode tanda tangan atau input PIN (personal identification number) untuk memverifikasi pembayaran di mesin EDC (electronic data capture).

Baca juga : Transaksi Kartu Kredit Pakai Tanda Tangan Bakal Ditolak

Bank Indonesia juga mewajibkan Kartu Kredit BNI untuk menggunakan PIN untuk bertransaksi per hari ini.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies di memberikan penjelasan untuk penggunaan PIN dalam setiap transaksi kartu kredit ini dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan transaksi.

Bagi nasabah yang belum mengaktifkan PIN transaksi kartu kreditnya, Corina memberitahu untuk mengirimkan SMS ke 3346 dengan format: RPIN [spasi] 16 digit Nomor Kartu Utama [spasi] Tanggal Lahir Pemegang Kartu Utama (ddmmyyyy).

"Setelah mendapat SMS balasan dari 3346 yang berisi 6 digit PIN kartu kredit Anda, segera lakukan penggantian PIN melalui mesin ATM BNI,” ujar Corina di Jakarta, Rabu (1/7).

Baca juga : Berkat Corona, Transaksi Digital Bank DSB Capai 75 Persen

Demi keamanan, Corina juga menghimbau nasabah untuk melakukan penggantian PIN secara berkala. Apabila mengalami kendala, nasabah dapat menghubungi BNI Call di nomor 1500046 yang siaga 24 jam.

Promo Era Normal

Pada era normal, Kartu Kredit BNI memberikan promo-promo menarik dengan tetap menjaga jarak dan protokol kesehatan lainnya berupa diskon hingga 25% untuk produk segar di LOTTEMart, Superindo serta hadiah produk di GrandLucky, dan beberapa groceries lainnya.

Apabila nasabah lebih memilih belanja dari rumah, Kartu Kredit BNI menawarkan promo-promo menarik diskon hingga 10% di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, JDid, Lazada, Happyfresh dan Sayurbox.

Baca juga : Hari Ini, Lima Deputi Kantor Staf Presiden Dilantik

Selain itu dengan Kartu Kredit BNI, nasabah juga bisa mendapatkan promo Staycation diskon hingga 15% di hotel favorit melalui promo di Traveloka, Agoda dan Tiket.com. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.