Dark/Light Mode

Dukung Bibit Unggul Inovator Energi Terbarukan,

Pertamina Gelar Kompetisi Sobat Bumi

Kamis, 2 Juli 2020 15:20 WIB
Dukung Bibit Unggul Inovator Energi Terbarukan, Pertamina Gelar Kompetisi Sobat Bumi

 Sebelumnya 
Mengingat situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan Kompetisi Sobat Bumi dilakukan secara virtual melalui website www.sobatbumi.id.

“Pertamina ingin memfasilitasi seluruh masyarakat, agar mampu melawan kondisi keterbatasan dan tetap leluasa mengeksplorasi daya pikir dan logisnya untuk menampilkan inovasi karya cipta. Sehingga, mampu memberikan solusi bagi kebutuhan energi,” tutur Fajriyah.

Para mahasiswa bisa mendaftar KSB kategori Teori Sains mulai tanggal 3 Agustus hingga 30 Oktober 2020. Peserta yang masuk akan diseleksi dalam dua tahap, yakni seleksi daerah dan seleksi nasional.

Baca juga : DPR: Pertanian Selamat, Ketahanan Pangan Kuat

Seleksi daerah merupakan babak penyisihan yang dilakukan dengan metode Computer Based Test dan diselenggarakan secara online dengan jaringan internet yang baik, di tempat peserta berada.

Selanjutnya, seleksi nasional merupakan babak final yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu seleksi semi final dan grand final.

Untuk kategori Proyek Inovasi EBT, pendaftaran telah dibuka sejak 24 Juni dan akan ditutup pada 31 Juli 2020. Peserta yang ingin mendaftar di kategori Proyek Inovasi EBT harus mengirimkan proposal abstrak seputar ide inovasi energinya.

Baca juga : PAN Ingin Rakyat Tahu Kondisi Ekonomi Kita

Sebanyak 25 peserta terbaik akan diberikan pendanaan untuk membuat video paparan ide inovasinya, kemudian diseleksi menjadi 10 terbaik yang akan didanai untuk nantinya akan mengikuti PFSains Camp di Jakarta selama 3 hari. Selanjutnya, akan dipilih 3 pemenang terbaik.

Pemenang kategori Proyek Inovasi EBT akan diumumkan pada tanggal 10 November, bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Seluruh pemenang nantinya akan dihadirkan dalam acara penganugerahan tanggal 10 Desember 2020. Bertepatan dengan HUT Pertamina,” ujar Fajriyah.

Baca juga : Dukung Industri Domestik, Pertamina Teken Penjualan Gas Bumi 318 BBTUD

Pemenang kategori Teori Sains Bidang Biologi tahun 2016, Hazrina Tiyas Nussa mengatakan, KSB menawarkan pengalaman lomba yang menarik karena tema dan formatnya tidak biasa.

Mahasiswi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Indonesia itu merasa senang, karena bisa bertukar pikiran dengan mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Saya senang sekali. Dari kompetisi ini, saya bisa kenal teman-teman dari seluruh Indonesia dan bisa belajar banyak dari ide-ide yang dipresentasikan,” ujar Hazrina. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.