Dark/Light Mode

Perbaikan Jalan Kalimalang, Satu Lajur Ditutup

Rabu, 20 Februari 2019 11:36 WIB
Perbaikan di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang. (Foto : istimewa)
Perbaikan di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jalan Noer Alie Kalimalang, Bekasi, akhirnya mulai diperbaiki. Kerusakan jalan di sepanjang jalur yang menghubungkan Bekasi dan Jakarta ini memang sudah parah. Gara-gara kendaraan berat, sering hujan, dan rembesan air dari saluran Kalimalang membuat jalanan ini hancur.

Sejak awal pekan lalu, Pemkot Bekasi mulai menggarap perbaikan jalan ini. Berdasarkan pantauan, alat-alat berat sudah diterjunkan. Beko besar berwarna kuning nampak tengah menggempur aspal yang rusak di jalan tersebut. Alat berat baru diterjunkan di depan Metropolitan Mall (MM), Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Perbaikan dikerjakan oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM) selaku pemegang konsesi Tol Layang Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Sementara ini, perbaikan baru dilakukan di ruas jalan yang mengarah ke Jakarta. Selanjutnya, sepekan kemudian di ruas jalan yang mengarah ke Bekasi. Selama perbaikan, satu lajur Kalimalang arah Jakarta ditutup selama sepekan.

Baca juga : Jauh Dekat, Tarif LRT Dipatok Rp 12 Ribu

Sudah nampak pengalihan lalu lintas karena perbaikan ini. Pengendara yang datang dari arah Timur atau Jalan Mayor Hasibuan, dialihkan ke sisi Selatan Kalimalang atau depan MM. Pengendara dialihkan lewat Jembatan Bekasi Cyber Park (BCP) setelah persimpangan.

Rekayasa ini dilakukan mengingat ada dua lajur arah Jakarta yang akan diperbaiki KKDM. Namun rekayasa ini hanya berlaku dari simpang BCP sampai jembatan MM. Setelah itu, kendaraan dialihkan kembali ke Jalan Kalimalang. Sedangkan ruas jalan yang mengarah ke Bekasi, akan dilakukan penutupan total selama dua pekan atau selama memperbaiki dua lajur sekaligus.

Warga Kota Bekasi hanya bisa bersabar dengan kondisi perbaikan dan pembangunan Tol Becakayu di sepanjang Jalan Kalimalang tersebut. Perbaikan jalan memang sudah berkali-kali dikeluhkan. Sudah banyak korban yang terperosok dan jatuh karena jalanan rusak. “Yang penting diperbaiki total, daripada tambal sulam, kalau hujan rusak lagi. Semoga cepat kelar dan lancar,” ujar Asri, pengemudi sepeda motor di depan Metropolitan Mall, Bekasi.

Baca juga : Hore, Warga Miskin Muara Gembong Gratis Pasang Listrik

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Bekasi Widayat Subroto mengatakan, pihaknya menargetkan perbaikan Jalan KH Noer Ali, Kota Bekasi, selesai pada 10 Maret 2019. Diterangkannya, perbaikan jalan yang sudah dilakukan sejak Senin (18/2) lalu dimulai dari ujung Jalan KH Noer Ali di samping BCP hingga Sumber Arta, Bekasi Barat, yang berbatasan langsung dengan wilayah Jakarta Timur.

“Targetnya selesai 10 Maret 2019. Kami perbaiki semua kubangan atau lubang yang ada di sepanjang jalan Kalimalang itu,” ujar Widayat.

Menurut pengamatannya, kerusakan Jalan KH Noer Ali memang sudah parah dan kerap menghambat arus lalu lintas. Penyebab jalan rusak karena air sungai Kalimalang kerap meluap dan menggenangi jalan. “Ditambah lagi beban kendaraan besar banyak yang melintas di jalan. Banyak kendaraan yang keluar gerbang tol Bekasi Barat untuk bisa melintas ke Cikarang mereka melintas di Jalan KH Noer Ali, Kalimalang. Jalan jadi mudah rusak juga karena ada rembesan air,” terang Widayat.

Baca juga : Andalkan Serangan Fajar Tidak Akan Manjur Lagi

Secara teknis, dia bersama pengelola Tol Becakayu memperbaiki jalan dengan beton agar tahan lama. Beton yang dipakai kualitas K 500 atau setebal 27 sentimeter, sehingga bisa kuat dilewati beban kendaraan yang mencapai 10 ton. Beton setebal ini minimal lima tahun dapat bertahan.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Bekasi agar sementara ini melarang kendaraan berat melintas di Jalan KH Noer Alie. Untuk mempercepat penanganan perbaikan, pihaknya telah mengerahkan tim Unit Reaksi Cepat (URC) Bina Marga. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.