Dark/Light Mode

Dukung Konektivitas Antar Wilayah

ASDP Operasikan Kapal Ferry Di Lintas Pulau Madura

Rabu, 15 Juli 2020 18:16 WIB
KMP Munggiyango Hulalo akan melayani rute Jangkar (Situbondo) - Kalianget (Sumenep)-Kangean dengan pelayaran perdana dari Pelabuhan Jangkar Situbondo, hari ini (15/7/2020)
KMP Munggiyango Hulalo akan melayani rute Jangkar (Situbondo) - Kalianget (Sumenep)-Kangean dengan pelayaran perdana dari Pelabuhan Jangkar Situbondo, hari ini (15/7/2020)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan KMP Munggiyango Hulalo di lintas Pulau Madura mulai hari ini, Rabu (15/7/2020).

KMP Munggiyango Hulalo akan melayani rute Jangkar (Situbondo) - Kalianget (Sumenep)-Kangean dengan pelayaran perdana dari Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, pengoperasian KMP Munggiyango Hulalo di lintas Pulau Madura untuk mendukung konektivitas antar wilayah.

Baca juga : Mulai Hari Ini, Kereta Api Luar Biasa Dioperasikan Untuk Masyarakat Umum

Khususnya aksesibilitas di Pulau Madura dan kepulauan sekitarnya menuju Jawa Timur.

"Kami berharap kehadiran ASDP di lintas Pulau Madura ini dapat mendukung keberlangsungan ekonomi serta pengembangan pulau-pulau dan daerah sekitarnya," ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu (15/7).

Shelvy menilai, adanya kapal yang berlayar di lintas Pulau Madura ini geliat usaha akan terus meningkat. Masyarakat juga bisa merasakan manfaatnya. 

Baca juga : Jokowi: Saya Ingin Pastikan Kesiapan Kita Menuju Tatanan Baru

ASDP juga melihat kebutuhan aksesibilitas masyarakat di lintas Pulau Madura terus meningkat didominasi penumpang pejalan kaki dan kendaraan kecil. 

Ke depan, lintas penyeberangan Pulau Madura ini dapat menjadi tumpuan sektor logistik yang membawa muatan dari Jawa Timur ke Pulau Madura atau sebaliknya.

KMP Munggiyango Hulalo merupakan kapal roro milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dibangun PT Dok Bahari Nusantara berukuran 1.631 GT pada 2018.

Baca juga : KAI Operasikan 6 Perjalanan Kereta Api Luar Biasa Mulai 12 Mei 2020

Kapal roll on-roll off (ro-ro) ini dapat mengangkut 200 penumpang dan 21 unit kendaraan campuran.

"Kami juga melihat potensi yang cukup besar di sektor logistik untuk ke depannya. Dengan naik kapal ferry, tentu kendaraan logistik dapat mengurangi beban jalan raya sehingga lebih efisien dan efektif," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.