Dark/Light Mode

New Normal, Sembilan Kapal Pelni Berlayar Kembali

Kamis, 16 Juli 2020 16:51 WIB
Kapal Pelayaran Nasional Indonesia mulai berlayar lagi di saat Covid-19.
Kapal Pelayaran Nasional Indonesia mulai berlayar lagi di saat Covid-19.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) mulai berlayar lagi. Sembilan kapal penumpang minggu depan jalan lagi.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni,  O.M Sodikin mengatakan, sembilan kapal tersebut meliputi KM Gunung Dempo, KM Dobonsolo, KM Egon, KM Kelud, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Lambelu, KM Binaiya, serta KM Awu.

"KM Gunung Dempo dijadwalkan akan melakukan kegiatan operasional pada, 17 Juli 2020. Enam kapal akan mulai beroperasi pada pekan depan serta dua kapal lainnya direncanakan akan mulai beroperasi pada minggu keempat Juli 2020," katanya Kamis (16/07).

Adapun KM Gunung Dempo akan melayani rute Tanjung Priok-Surabaya-Makassar-Sorong-Manokwari-Wasior-Jayapura-Wasior-Manokwari-Sorong-Namlea-Makassar-Surabaya-Tanjung Priok.

Baca juga : Pandemi Corona, Menpora Dorong Pemuda Tetap Kreatif

KM Dobonsolo dijadwalkan akan beroperasi pada 21 Juli 2020 dan melayani rute Tanjung Priok-Surabaya-Makassar-Bau-Bau-Ambon-Sorong-Serui-Jayapura-Serui-Sorong-Ambon-Bau-Bau- Makassar-Surabaya-Tanjung Priok.

KM Lambelu dijadwalkan akan beroperasi pada 23 Juli dengan rute Makassar-Pare-Pare-Balikapapan-Tarakan-Nunukan-Pantoloan-Balikpapan-Pare-Pare-Makassar-Bau-Bau-Larantuka-Kupang-Larantuka-Bau-Bau-Makassar-Pare-Pare-Balikpapan-Pantoloan-Tarakan-Nunukan-Balikpapan-Pare-Pare-Makassar.

Ada dua kapal yang direncanakan untuk beroperasi pada 24 Juli mendatang, yakni KM Kelud dengan rute Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai Karimun-Belawan-TanjungnBalai Karimun-Batam-Tanjung Priok , dan KM Egon yang akan melayani rute Waingapu-Lembar-Waingapu-Lembar-Surabaya-Batulicin-Pare-Pare-Batulicin-Surabaya-Lembar-Waingapu.

KM Sinabung direncanakan akan beroperasi pada 25 Juli dengan melayani rute reguler, yakni Surabaya-Makassar-Bau-Bau-Banggai-Bitung-Ternate-Bacan-Sorong-Manokwari-Biak-Jayapura (PP).

Baca juga : Dosen, Peneliti dan Mahasiswa Ethiopia Ingin Belajar di Indonesia

KM Ciremai yang akan beroperasi pada 28 Juli dengan melayani rute Tanjung Priok-Surabaya-Makassar-Bau-Bau-Sorong-Manokwari-Biak-Jayapura-Biak-Manokwari-Sorong-Namlea-Bau-Bau-Makassar - Surabaya - Tanjung Priok.

"Dua kapal yang direncanakan beroperasi pada minggu keempat Juli 2020 adalah KM Binaiya dan KM Awu. Total hingga akhir Juli, terdapat 14 dari 26 kapal penumpang Pelni yang telah beroperasi," jelasnya.

Sodikin menambahkan, KM Binaiya direncanakan akan melayani rute Makassar-Labuan Bajo-Bima-Benoa (PP). Sementara KM Awu direncanakan akan melayani rute Surabaya-Benoa-Bima-Waingapu-Ende-Kupang-Kalabahi (PP).

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro mengatakan, seluruh kegiatan operasional perusahaan telah diiringi dengan pelaksanaan dan pengawasan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga : New Normal, Pemerintah Disarankan FokusTangani Kesehatan dan Ekonomi

"Seluruh petugas operasional siap untuk melayani calon penumpang dengan standar protokol kesehatan yang berlaku di era adaptasi kebiasaan baru," ucapnya. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.