Dark/Light Mode

Penerbangan Citilink Pindah Ke Terminal 3 Bandara Soetta

Selasa, 21 Juli 2020 17:38 WIB
Citilink Tingkatkan Pelayanan Penumpang di Bandara Soetta.
Citilink Tingkatkan Pelayanan Penumpang di Bandara Soetta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai Citilink akan pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, baik untuk rute domestik maupun internasional, mulai 23 Juli 2020.

Direktur Utama Citilink, Juliandra mengatakan, Citilink sebelumnya ada di Terminal 2 di Bandara Soekarno Hatta.

"Dengan fasilitas di Terminal 3 yang lebih modern dan mengusung konsep digital, Citilink berupaya untuk meningkatkan pre maupun post flight experience penumpang yang akan melakukan perjalanan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Juliandra di Jakarta, Selasa (21/07)

Juliandra menjelaskan, langkah ini dilakukan sebagai bentuk sinergi antar Garuda Indonesia Group.

Baca juga : Menpora Akan Fokus Kuatkan Fondasi Pembinaan Atlet Olahraga Nasional

Dengan memberikan pelayanan yang lebih prima bagi pelanggan dan juga mudah bagi penumpang Citilink yang akan melanjutkan penerbangan dengan Garuda Indonesia maupun penerbangan internasional lanjutan lainnya.

Seluruh penerbangan Citilink akan tetap beroperasi sesuai dengan jadwal. Adapun penumpang diimbau untuk tiba di bandara 3 jam sebelum waktu keberangkatan serta memastikan dokumen perjalanan telah lengkap.

Selain itu, penumpang dapat menggunakan fasilitas mobile/web check-in maupun melalui mesin self-check-in yang telah disediakan dan lebih praktis sehingga dapat menghemat waktu serta dapat menghindari penumpukan antrian di check-in counter.

Penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan Citilink dapat menuju ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta melalui gate 3 dan 4, counter E 14-26.

Baca juga : Pusat Peragaan Iptek Kembali di Buka

Sebagai antisipasi dan untuk kemudahan penumpang, Citilink dan Angkasa Pura II akan menyediakan transportasi untuk penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 selama dua minggu masa transisi.

Citilink telah melakukan sosialisasi secara berkala kepada calon penumpang baik melalui media sosial, website, layanan pesan singkat maupun sosialisasi yang dilakukan di bandara sehingga seluruh calon penumpang terinformasikan dengan baik.

Untuk memastikan kelancaran flow penumpang selama masa transisi, manajemen Citilink telah menggelar simulasi pengoperasian penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan melibatkan seluruh kru yang bertugas.

"Citilink akan melakukan persiapan ini secara intensif, serta berkoordinasi dengan stakeholders agar seluruh operasional penerbangan dapat tetap berjalan dengan aman dan lancar dengan tetap memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat," jelasnya.

Baca juga : Paman Sam Tolak Klaim China di Laut China Selatan

Saat ini, tingkat rata-rata keterisian kursi penerbangan Citilink setelah kembali beroperasi pada periode 1-30 Juni 2020 adalah sebesar 40 persen atau dengan rata-rata per hari 68 sampai 100 flights per hari.

Pada Juli, angka meningkat dengan jumlah flights yang akan mencapai rata-rata 168 per hari dan akan terus bertambah secara bertahap dengan target di kuartal IV nanti mencapai 200 flights per hari atau sekitar 68 persen dari kondisi normal.

Selain itu, langkah efisiensi juga akan dilakukan untuk menjaga kelangsungan kinerja maskapai.

Di antaranya dengan menyesuaikan kapasitas operasional dengan demand sehingga tidak ada ekses kapasitas yang menjadi sumber pemborosan, evaluasi proses bisnis yang tidak efisien juga menjadi prioritas terutama untuk pos-pos pengeluaran yang tinggi bagi airline, seperti bahan bakar dan optimalisasi pemanfaatan jam terbang pesawat.[KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.