Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resi Gudang Ayam Mulai Jalan, Kesejahteraan Peternakan Bisa Terdongkrak

Rabu, 22 Juli 2020 23:01 WIB
Mendag Agus Suparmanto menyaksikan peresmian Gudang SRG komoditi ayam karkas beku di Bekasi, Rabu (22/7). (Foto: ist)
Mendag Agus Suparmanto menyaksikan peresmian Gudang SRG komoditi ayam karkas beku di Bekasi, Rabu (22/7). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemanfaatan Sistem Resi Gudang (SRG) untuk Komoditi Ayam Beku diyakini akan banyak dimanfaatkan karen terjadi surplus ayam potong nasional.

"Selama ini ayam karkas beku belum bisa memanfaatkan Sistem Resi Gudang, karena gudangnya yang belum ada. Namun kini dengan sudah siapnya gudang untuk komoditas ini, kami optimis instrumen resi gudang ayam karkas beku ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) Fajar Wibhiyadi, disela-sela acara Peresmian Gudang SRG komoditi ayam karkas beku di Bekasi, Rabu (22/7).

Baca juga : Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra Naik Ke Penyidikan, Polisi Cari Tersangkanya

Fajar menambahkan, dengan mulai berjalannya Resi Gudang untuk komoditas ayam karkas beku, ini merupakan angin segar bagi para peternak ayam. 

"Kita tahu, harga ayam akan sulit terkontrol apabila terus terjadi surplus, dan akhirnya peternak yang dirugikan dengan harga ayam yang turun. Dengan pemanfaatan Resi Gudang untuk komoditi ayam karkas beku ini, harga ayam akan terjaga dan pada akhirnya akan memberikan dampak positif kepada para peternak," ujarnya.

Baca juga : Gandeng Mustika Ratu, Indofarma Pasarkan Obat Modern Asli Indonesia

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, yang turut hadir dalam peresmian Gudang SRG ayam karkas beku tersebut menyampaikan bahwa SRG ayam karkas beku ini dapat dimanfaatkan seluruh lapisan pelaku usaha dalam rantai bisnis komoditas ayam, terutama para peternak mandiri. 

"Dengan memanfaatkan SRG, para peternak mandiri dapat mendukung tata kelola usaha peternakan dan memberikan nilai tambah bagi usaha mereka," kata Agus.

Baca juga : KPK Perpanjang Masa Cegah Harun Masiku

Pemanfaatan SRG ini ke depannya juga dapat memberikan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di sektor peternakan ayam. Gudang berpendingin (cold storage) yang diresmikan kali ini  memiliki kapasitas 60 ton (20 ton untuk SRG) dengan luas 216 meter persegi, yang dilengkapi dengan fasilitas blasting untuk pembekuan, gudang untuk penyimpanan filet, dan gudang untuk penyimpanan karkas. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.