Dark/Light Mode

Bangkit Dari Covid-19

Angkasa Pura II Dan Pengelola Bandara Eropa Sepakati 3 Jurus Ampuh

Kamis, 23 Juli 2020 20:11 WIB
Bangkit Dari Covid-19 Angkasa Pura II Dan Pengelola Bandara Eropa Sepakati 3 Jurus Ampuh

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) bersama dengan pengelola bandara di Eropa, Asia Selatan dan Timur Tengah menyepakati 3 jurus ampuh agar bisnis bisa survive ditengah pandemi Covid-19.

3 jurus itu adalah kerja sama erat antar pemangku kepentingan, digitalisasi dan mengembangkan bisnis non aeronautika.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, menjelaskan, kerja sama lebih erat di antara para pemangku kepentingan menjadi strategi utama dalam merealisasikan perspektif layanan dan protokol kesehatan di bandara.

Baca juga : Dirjen Darat: Sudah Banyak Yang Sembuh

Menurutnya, setiap stakeholder harus bekerja sama dengan erat seperti operator bandara, maskapai dan regulator, serta di antara sejumlah organisasi global yaitu International Civil Aviation Organization (ICAO), International Air Transport Association (IATA), dan Airport Council International (ACI).

"Kerja sama diantara stakeholder harus dilakukan lebih erat. Di dalam perspektif layanan bandara, PT Angkasa Pura II bersama stakeholder mengembangkan protokol dengan lima kunci utama yaitu physical distancing, pemeriksaan kesehatan (health screening), layanan tanpa sentuhan (touchless processing), kebersihan dan disinfeksi fasilitas, serta perlindungan terhadap setiap orang," ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (23/7).

Angkasa Pura II juga bekerja sama erat dengan maskapai untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan ketersediaan waktu terbang (slot time) serta mengaktifkan kembali rute-rute domestik.

Baca juga : Mau Kembangkan Bandara Kualanamu, Angkasa Pura II Lirik Mitra Strategis

Soal digitalisasi, CEO Oman Airports Sheikh Aimen Al Hosni mengatakan, konsep Single Token Journey cukup penting untuk diterapkan di tengah pandemi.

"Mulai dari curbside hingga penumpang berada di kursi pesawat, apakah mereka membawa bagasi atau hanya barang bawaan, bisa dilakukan secara automated termasuk koridor imigrasi," ujarnya.

Sementara, Chief Strategy & Development Officer Bengaluru International Airport Limited Satyaki Raghunath menilai, jurus ampuh ketiga soal bisnis non aeronautika yang selama ini belum tersentuh optimal.

Baca juga : Angkasa Pura II Pengen Bisa Lebih Efisien Dan Efektif

Meningkatnya bisnis non aeronautika dapat mengkompensasi penurunan bisnis aeronautika yang tertekan pandemi.

"Perlu adanya cara-cara baru penggunaan teknologi selain untuk meningkatkan customer experience juga secara fundamental kita harus bisa mengekesplor apakah dapat menghasilkan pendapatan tambahan menggunakan teknologi," jelasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.