Dark/Light Mode

Gandeng RNI, KAI Sediakan Rapid Tes Di Stasiun KA

Senin, 27 Juli 2020 18:12 WIB
(Kiri-Kanan) Direktur Niaga KAI, Maqin U Norhadi, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, Plt Komisaris Utama KAI, Riza Primadi, Direktur Utama RNI, Eko Taufik Wibowo, Direktur Keuangan Rajawali Nusindo Gigis Saptono usai menandatangani perjanjian kerja sama tentang Penyediaan Fasilitas Rapid Test Covid-19 di Stasiun-Stasiun KAI, Senin (27/07).
(Kiri-Kanan) Direktur Niaga KAI, Maqin U Norhadi, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, Plt Komisaris Utama KAI, Riza Primadi, Direktur Utama RNI, Eko Taufik Wibowo, Direktur Keuangan Rajawali Nusindo Gigis Saptono usai menandatangani perjanjian kerja sama tentang Penyediaan Fasilitas Rapid Test Covid-19 di Stasiun-Stasiun KAI, Senin (27/07).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), PT Rajawali Nusindo menandatangani perjanjian kerja sama tentang Penyediaan Fasilitas Rapid Test Covid-19 di Stasiun-Stasiun KAI. 

Kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Niaga KAI, Maqin U Norhadi dan Direktur Keuangan Rajawali, Nusindo Gigis Saptono dan disaksikan oleh Plt Komisaris Utama KAI, Riza Primadi, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo serta Direktur Utama RNI Eko Taufik Wibowo di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (27/07).

“Sinergi BUMN ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan KA di masa adaptasi kebiasaan baru,” ujar Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo.

Baca juga : Mulai Senin, KAI dan RNI Gelar Rapid Test di 12 Stasiun

Pada masa adaptasi kebiasaan baru, sinergi dan kolaburasi antar BUMN merupakan langkah yang strategis guna ikut serta mendorong percepatan penanganan penyebaran Covid 19.

Pada kerja sama ini, KAI  menyediakan space di stasiun yang akan digunakan oleh RNI untuk pelaksanaan kegiatan rapid test, mulai pukul 07.00 19.00 WIB setiap hari. 

Kemudian, RNI akan menyediakan fasilitas rapid test di stasiun bagi pelanggan yang telah memiliki Tiket KA atau kode booking dengan biaya Rp 85.000 di 12 Stasiun. 

Baca juga : Gandeng Kimia Farma, Pertamina Siap Jamin Ketersediaan Bahan Baku Farmasi Tanah Air

Adapun 12 stasiun tersebut, adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang. 

Pada tahap awal, layanan ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen, mulai Senin, 27 Juli dan bertahap pada 11 stasiun lainnya.

KAI mengimbau pelanggan memperhitungkan waktu pemeriksaan rapid test dengan tanggal keberangkatan KA. Pasalnya, masa berlaku hasil non reaktif rapid test tidak lebih dari 14 hari sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca juga : Sejalan Dengan BPIP, KNPI Siap Bumikan Pancasila

Kemudian bagi pelanggan yang ingin melakukan rapid test pada hari keberangkatan, agar selambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan sudah berada di stasiun. Sehingga tidak terburu-buru mengikuti rapid test dan tidak tertinggal KA-nya.

Jika pelanggan mendapati hasil rapid test reaktif, maka tiket akan dikembalikan 100%. 

“Penyediaan layanan rapid test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan wujud komitmen KAI dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tujuannya, untuk menjadikan KA sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat dan sehat sampai di tujuan," tutup Didiek. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.