Dark/Light Mode

Bantu UMKM Di Masa Pandemi, BGR Bikin Aplikasi Warung Pangan

Kamis, 30 Juli 2020 13:36 WIB
Dirut PT BGR Logistics Kuncoro Wibowo (Foto: Tangkapan layar)
Dirut PT BGR Logistics Kuncoro Wibowo (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 belum mereda. Sektor UMKM paling terdampak pandemi ini. PT BGR Logistics bersama Kementerian Koperasi dan UKM pun bergerak dengan membuat aplikasi Warung Pangan untuk membantu meningkatkan ekonomi sektor UMKM.

Dirut PT BGR Logistics Kuncoro Wibowo mengungkapkan, mulanya Kementerian Koperasi dan UKM memiliki program bernama Belanja di Warung Tetangga. Pihaknya lantas mendukung dengan membuat aplikasi, namanya Warung Pangan dan Mitra Warung Pangan.

Baca juga : Food Estate Di Kalteng Sangat Penting Atasi Krisis Pangan

"Ini aplikasi yang bisa dipakai warung sekitar kita untuk dapat mendapatkan sembako dengan harga yang kompetitif," kata Kuncoro saat menjadi narasumber serial “Ngopi Pagi” virtual Rakyat Merdeka bertajuk Aplikasi Digital UMKM, Warung Pangan Murah Diantar Sampai Rumah", Kamis pagi (30/7).

Kuncoro menambahkan, masyarakat dapat membeli sembako dengan harga kompetitif di mitra warung pangan yang terdaftar. Aplikasi ini juga bekerja sama dengan jasa pengiriman seperi ojek online dan jasa payment virtual seperti Dana dan Link Aja. "Kami juga dibantu Bulog dan PTPN III untuk bantu mendapatkan pasokan pangan dan sembako," tambahnya.

Baca juga : Food Estate Bisa Antisipasi Resesi dan Krisis Pangan

Aplikasi ini, terang Kuncoro, sudah berjalan sejak April lalu. Hanya saja, belum diluncurkan secara resmi. Rencananya, bulan depan akan diluncurkan.

"Ada 12 item, gula, beras, minyak goreng, sarden, telor, ayam, garam dan lainnya yang kita pasok. Fokus tiga dulu yakni, gula, minyak goreng dan beras," ujar dia.

Baca juga : Aktif Di Masa Pandemi, Mensos Jadi Salah Satu Menteri Dengan Kinerja Terbaik

Diingatkannya, bagi warung-warung kelontong yang ingin daftar dan bergabung, cukup download aplikasi Mitra Warung Pangan di playstore. "Mudah sekali. Tinggal daftar, ikuti petunjuk yang ada. Tidak ribet. Namun untuk appstore, baru bisa September. Konsen di playstore karena banyak UMKM pegang android. Kami berterima kasih kepada Rakyat Merdeka yang ikut menyosialisasikan aplikasi yang dibuat untuk membantu UMKM ini," tandasnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.