Dark/Light Mode

Amazon Kantongi Laba Terbesar Sepanjang Sejarah

Jumat, 31 Juli 2020 13:32 WIB
Amazon Kantongi Laba Terbesar Sepanjang Sejarah

RM.id  Rakyat Merdeka - Amazon.com Inc berhasil mencatatkan keuntungan terbesar sejak 26 tahun berdirinya perusahaan yang menawarkan jasa jual beli online. Penjualan online dan bisnis dengan melibatkan merchant pihak ketiga ini melonjak selama masa pandemi Covid-19.

Diberitakan Reuters, Jumat (31/7), perusahaan mencatat lonjakan 40 persen laba dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 88,9 miliar dolar AS. Saham Amazon naik lima persen setelah perdagangan dibuka pada Kamis (30/7).

Berbeda dengan swalayan dan supermaket biasa yang mengalami kemunduran selama pandemi, Amazon.com, yang memberi kemudahan bagi konsumen memesan barang apapun via ponsel atau PC justru mengalami peningkatan produksi.

Selama masa pandemi Corona, amazon sudah mempekerjakan 175 ribu orang dan terus mengalami peningkatan permintaan. Situasi ini kontras dengan pengecer lain yang harus menutup toko selama lockdown.

Amazon sendiri telah memperkirakan akan kehilangan uang pada kuartal kedua yang baru saja berakhir. Sebab, perusahaan harus menghabiskan sekitar 4 miliar dolar AS untuk membeli peralatan perlindungan staf dan pengeluaran lain yang terkait dengan Covid-19.

Baca juga : Mau Raup Untung dari Usaha Tani Tomat? Begini Caranya

Jeff Bezos, pendiri Amazon yang kini menjadi orang terkaya di dunia, menyebutkan, kuartal kedua merupakan momentum yang tidak biasa. Tapi, nyatanya, perusahaan masih menghasilkan 5,2 miliar dolar AS atau dua kali lipat laba bersih dari tahun sebelumnya.

Sepanjang tahun ini, saham Amazon telah meningkat lebih dari 60 persen. Realisasi ini menambah kekayaan Bezos sebagai pemegang saham terbesarnya.

Analis senior di Investing.com, Jesse Cohen, mengatakan, model bisnis Amazon membuatnya semakin mendominasi e-commerce. Bahkan, dominasinya lebih luas seiring dengan pandemi virus SARS CoV2 global yang terus meningkat.

Pada kuartal kedua, penjualan toko online melonjak 48 persen menjadi 45,9 miliar dolar AS. Di sisi lain, para pedagang juga membayar Amazon lebih banyak untuk memenuhi dan mensponsori produk mereka untuk lebih bisa menjangkau pelanggan.

Ini membuat pendapatan Amazon naik 52 persen dan mendapat kenaikan tawaran iklan sebanyak 41 persen.

Baca juga : Kementan: Potong Hewan Kurban Harus Sesuai Prosedur

Direktur Keuangan Amazon Brian Olsavsky mengatakan kepada wartawan, keuntungan yang terlalu besar ini mengejutkan perusahaan.

Sebab, pada saat mengeluarkan proyeksi kuartal terakhir, pembeli banyak membeli produk dengan margin yang lebih rendah.

Olsavsky mengatakan, semua orang mencari masker, sarung tangan dan bahan makanan online. Penjualan barang remeh temeh seperti ini, menurutnya, tidak menguntungkan bagi perusahaan.

"Tapi, kami mengirimkan barang lebih banyak dari yang diduga sebelumnya," katanya.

Olsavsky menyebutkan, tingkat penjualan barang kebutuhan sehari-hari meningkat tiga kali lipat dari tahun ke tahun. Waktu pelanggan menghabiskan masa dengan melihat katalog barang yang ditawarkan Amazon juga terus naik.

Baca juga : Jokowi Dorong Kementerian Segera Belanjakan Anggaran

Amazon juga membukukan laba operasi yang jarang terjadi dalam bisnis internasionalnya, yang oleh Olsavsky dikaitkan dengan peningkatan pengeluaran pelanggan di Eropa dan Jepang selama pandemi.

Layanan cloud Amazon juga mengalami permintaan lebih tinggi karena perusahaan beralih ke kantor virtual pada pandemi. Pendapatan dari Amazon Web Services (AWS) yang menjual penyimpanan data dan daya komputasi di cloud, naik hampir 29 persen menjadi 10,81 miliar dolar AS.

Tapi, nilai tersebut masih jauh dari perkiraan analis sebesar 10,95 miliar dolar AS, menurut data IBES dari Refinitiv. Sementara itu, bisnis cloud dari rivalnya, Alphabet Inc Google, naik lebih dari 43 persen setiap tahun.

Analis teknologi Patrick Moorhead mengatakan, AWS akan terus tumbuh meskipun pada tingkat yang lebih lambat dibandingkan kuartal terakhir.

Perusahaan memperkirakan penjualan bersih dari 87 miliar dolar AS menjadi 93 miliar dolar AS pada kuartal ketiga, melebihi 86,34 miliar dolar AS, menurut data IBES. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.