Dark/Light Mode

Putus Rantai Covid-19, 3 Stasiun Ini Hanya Terima Tiket KMT

Sabtu, 1 Agustus 2020 20:55 WIB
Stasiun Bogor, Cilebut, dan Cikarang akan terapkan  Kartu Multi Trip (KMT)
Stasiun Bogor, Cilebut, dan Cikarang akan terapkan Kartu Multi Trip (KMT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mulai Senin (3/08), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menetapkan Stasiun Bogor, Cilebut, dan Cikarang sebagai stasiun khusus Kartu Multi Trip (KMT). 

Demikian dikutip dari keterangan KCI, Sabtu (1/08). Sebelumnya, KCI telah melakukan uji coba stasiun khusus KMT sejak Senin 13 Juli 2020. Masa uji coba dilakukan setiap hari Senin, dan ketiga stasiun tidak lagi melayani transaksi pembelian dan isi ulang Tiket Harian Berjaminan (THB).

Namun untuk tap out atau keluar menggunakan THB masih dimungkinkan dan pengguna THB pergi pulang juga dapat melakukan tap in untuk perjalanan pulangnya. 

Baca juga : Terpukul Covid-19, Pengembangan Energi Terbaru Mandek

Kemudian pada 3 Agustus mendatang, ketiga stasiun tersebut sudah resmi menjadi Stasiun Khusus KMT dan berlaku setiap hari kerja. 

Di Stasiun Khusus KMT, pengguna dapat naik KRL menggunakan KMT, kartu uang elektronik bank yang telah bekerja sama dengan KCI, dan tiket kode QR Link Aja.

Penetapan stasiun KMT ini, selain mengurai antrean THB juga untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 dari transaksi dengan uang tunai yang sering berpindah tangan.

Baca juga : Lawan Covid-19, Vietnam Kembangkan Vaksin dan Bikin Alat Tes Kilat

Sementara agar pengguna dapat mengikuti update berkala mengenai situasi antrean pada jam sibuk pagi hari di sejumlah stasiun dengan volume pengguna tertinggi, KCI selama beberapa pekan terakhir telah menyajikan informasi kondisi antrean melalui aplikasi KRL Access dan media sosial @commuterline.

Dengan mengetahui situasi antrean sebelum tiba di stasiun, calon pengguna KRL diharapkan dapat mengambil keputusan sesuai keperluan terkait rencana dan waktu perjalanannya dengan KRL.

KCI juga memperkenalkan KRL Access dengan tampilan baru. Di mana para pengguna dapat mengakses berbagai layanan terutama informasi kondisi antrian di stasiun dan posisi terkini KRL. KRL Access versi terbaru sudah dapat diunduh para pengguna Android melalui Play Store dan App Store. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.