Dark/Light Mode

Dijamin Akurat

Alat Tes Covid-19 Buatan LIPI Hanya Rp 100 Ribu

Sabtu, 27 Juni 2020 06:29 WIB
Iluatrasi alat tes Covid-19 (Foto: Istimewa)
Iluatrasi alat tes Covid-19 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar gembira untuk masyarakat. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah mengembangkan alat tes untuk mendeteksi virus corona.

Alat itu diklaim jauh lebih akurat dan murah dibandingkan Real Time-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Baca juga : Demi Basmi Covid-19, China Musnahkan 900 Tikus Bambu

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, metode pengetesan yang tengah dikembangkan itu bernama Reverse Transcription Loop-Mediated Isothermal Amplification (RT-LAMP). Diharapkan, Agustus atau September sudah bisa diedarkan ke masyarakat.

“Kami berencana dalam waktu dekat untuk kami pakai RT LAMP ini untuk pengganti rapid test. Alat tes itu lebih akurat, jauh lebih murah, hanya Rp 100 ribu saja,” ungkap Handoko dalam diskusi virtual di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Pemerintah Tempatkan Dana Rp 30 T Ke Himbara

Handoko menuturkan, secara teori, hasil RT LAMP bisa menyamai RT PCR. Namun demikian, RT LAMP lebih unggul dari sisi waktu. RT LAMP hanya butuh waktu satu jam untuk mendekteksi virus. Ini lebih cepat ketimbang PCR yang butuh waktu 4 jam.

Kelebihan lain RT-LAMP turbidimetry, lanjut Handoko, terletak pada bahan baku reagen-nya (cairan untuk tes Covid-19).

Baca juga : Ditjen Dikti Gelar Pelatihan Pembelajaran Daring Untuk 100 Ribu Dosen

Sebagaimana diketahui, krisis reagen sempat menghambat tes PCR di Indonesia. Namun, reagen RT-LAMP menggunakan reagen lokal yang sudah tersedia. Sebab itu, harganya juga lebih murah yakni Rp 10 juta untuk 100 reaksi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.