Dark/Light Mode

Pemkab Banyuwangi Gandeng Traveloka Perluas Promosi Wisata

Minggu, 2 Agustus 2020 22:20 WIB
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur melakukan kerja sama dengan Traveloka untuk memulihkan ekonomi daerah di sektor pariwisata. Traveloka siap promosikan wisata Banyuwangi. 

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menjelaskan, perusahaan digital penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup ini telah melakukan survei tentang objek wisata favorit wisatawan domestik yang ingin dikunjungi setelah sektor pariwisata kembali dibuka. Alhasil, Banyuwangi berada di posisi ketiga di bawah Bali dan Yogyakarta.

"Survei Traveloka, Banyuwangi masuk tiga besar favorit destinasi. Maka, langkah-langkah pemulihan sektor wisata harus segera dilakukan. Kami dibantu Traveloka untuk memperkuat pemasaran wisata Banyuwangi," kata Azwar seperi dilansir Gensuri.id di Banyuwangi, Minggu (2/08).

Baca juga : Kepala Perpusnas: Generasi Milenial Perlu Pahami Literasi Digital

Menurut Anas, sektor pariwisata akan mendorong peningkatan sektor olahan pangan atau kuliner, berbagai produk kreasi UMKM, jasa transportasi dan sebagainya.

"Pemulihan ekonomi di sektor wisata,  perekonomian lokal akan kembali bergeliat, pekerja pariwisata yang dirumahkan kembali bekerja, dan UMKM kembali berproduksi . Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Sementara itu, Co-Founder dan Direktur Traveloka, Albert Zhang mengatakan pihaknya berkomitmen membantu Banyuwangi untuk terus berkembang.

Baca juga : Bank Mandiri Gandeng PBNU Salurkan Kurban 1441 H

"Kami berharap kerja sama ini dapat membantu para mitra di Banyuwangi mempercepat pemulihan operasional bisnisnya di era adaptasi kebiasaan baru melalui pemanfaatan teknologi sebagai medium utamanya," ujarnya.

Salah satu yang difokuskan pada tahap awal dalam kerja sama ini, kata Albert, adalah pengembangan homestay yang kini banyak tumbuh di Banyuwangi.

Menurutnya, tak hanya memudahkan wisatawan untuk memperoleh akses yang terdigitalisasi, pemanfaatan teknologi platform Traveloka juga memudahkan para pelaku homestay untuk memasarkan produk dan layanannya kepada konsumen.

Baca juga : Tablet Huawei MatePad Permudah Proses Belajar

"Kami akan mengintegrasi homestay-homestay di Banyuwangi dengan teknologi Traveloka. Kami punya data-data kecenderungan konsumen wisata yang bisa diintegrasikan dengan homestay di Banyuwangi, sehingga pelaku usaha penginapan akan mendapatkan jangkauan target konsumen yang luas dan tepat," ujarnya. [KPJ]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.