Dark/Light Mode

Nunggu Kabar Pertumbuhan Ekonomi Kuartalan, Rupiah Sport Jantung

Rabu, 5 Agustus 2020 09:24 WIB
Nunggu Kabar Pertumbuhan Ekonomi Kuartalan, Rupiah Sport Jantung

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, rupiah sport jantung. Menanti pengumuman pertumbuhan ekonomi kuartalan, yang akan disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Pelaku pasar meramal, nilai tukar rupiah akan melemah seiring pengumuman data produk domestik bruto (PDB). 

Baca juga : Jangan Mimpi Ekonomi Kita Pulih Cepat Kayak China

Sebelumnya, Sri Mulyani sudah menyebut ekonomi kuartal II turun di kisaran 3,5 - 5,1 persen. 

Terkait hal ini, Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, rilis pertumbuhan ekonomi kuartal II berpotensi menekan rupiah, bila hasilnya di bawah ekspektasi pasar.

Baca juga : Mendag Dorong Anggota APEC Kolaborasi Pulihkan Ekonomi Kawasan

"Rupiah berpotensi tertekan mengikuti sentimen tersebut, dengan potensi kisaran di angka Rp 14.500 hingga Rp 14.700 per dolar AS. Faktor global yang masih tak tentu, juga bisa menambah berat beban rupiah," jelas Ariston dalam riset hariannya, Rabu (5/8).

Pada pembukaan pagi ini, nilai tukar rupiah menguat 0,14 persen. Berada di level Rp 14.530 per dolar AS di pasar spot. Meski ditutup menguat 5 poin atau 0,03 persen menjadi Rp 14.625 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.630 per dolar AS pada Selasa (4/8), seharian kemarin, rupiah mengalami tekanan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.