Dark/Light Mode

Nunggu Kabar Pertumbuhan Ekonomi Kuartalan, Rupiah Sport Jantung

Rabu, 5 Agustus 2020 09:24 WIB
Nunggu Kabar Pertumbuhan Ekonomi Kuartalan, Rupiah Sport Jantung

 Sebelumnya 
Tapi, itu tak berarti rupiah tak punya harapan. Data-data indeks aktivitas manufaktur beberapa negara yang disurvei Markit seperti Jepang, China, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Inggris, Zona Euro, AS, termasuk Indonesia, dirilis lebih bagus dari prediksi yang mengindikasikan pemulihan. Ini bisa menjadi sentimen positif bagi rupiah.

Baca juga : Jangan Mimpi Ekonomi Kita Pulih Cepat Kayak China

Prospek persetujuan stimulus lanjutan pemerintah AS senilai 1 triliun dolar AS untuk memulihkan ekonomi AS yang terdampak pandemi Covid-19, juga bisa menjadi vitamin untuk rupiah.

Baca juga : Mendag Dorong Anggota APEC Kolaborasi Pulihkan Ekonomi Kawasan

"Ini memungkinkan mata uang emerging market terlihat menguat terhadap dolar AS. Karena stimulus yang besar, akan memberikan sentimen positif ke aset berisiko," papar Ariston.

Baca juga : Satu Kakinya Sudah Ada di Jurang Resesi

"Tapi ingat, stimulus yang besar juga bisa menekan nilai tukar negara yang bersangkutan, karena potensi banyaknya uang beredar. Kedua faktor itu bisa membuat rupiah tertekan dan juga menguat," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.