Dark/Light Mode

Kargo Vendor Buka Layanan Nego Harga Transporter

Rabu, 5 Agustus 2020 18:37 WIB
Armada yang dimiliki Kargo Vendor
Armada yang dimiliki Kargo Vendor

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan bisnis logistik mendorong perusahaan rintisan di bidang jasa kargo berlomba memberi kemudahan kepada para pengguna. Salah satunya, Kargo Tech. 

Melalui aplikasinya yang bernama Kargo Vendor (KV), startup ini membuka layanan nego harga bagi para transporter atau pengangkut yang bekerja sama dalam platform ini.

Baca juga : Bank Mandiri Hadirkan Layanan Digital Lewat WhatsApp

CEO Kargo Tech, Tiger Fang mengatakan, meski sudah memanfaatkan teknologi digital, tapi pihaknya berusaha menggabungkan proses tradisional dalam urusan tawar-menawar. Ide ini merupakan bagian dari update yang dilakukan aplikasi KV untuk para pengguna.

"Proses tawar-menawar ini ditujukan untuk order pengiriman yang telah dioptimalisasi, dan memperoleh pembayaran secara instan di depan," papar Tiger dalam keterangan persnya, kemarin.
Dia memandang cara tradisional yang biasa digunakan di lapangan menjadi tantangan bagi transporter. Apalagi bagi yang tidak lengkap dalam mendapatkan informasi permintaan pengiriman dan order. 
     
Ditambah tidak adanya transparansi dari sisi harga yang menyebabkan rumitnya negosiasi. 
"Maka di sini menjadi nyaman karena dipermudah melalui platform kami,” klaimnya.
     
Jika setuju dengan harga, maka bisa langsung mengklik tombol bertulis Accept Now di dalam aplikasi Kargo Vendor. Setelah itu, pengguna bisa menyetujui harga yang diposting oleh pengirim di Kargo Tech.
     
Usai order pengiriman dikonfirmasi, para transporter dari Kargo Tech dapat segera melakukan pengiriman yang didukung dengan aplikasi Mitra Kargo. "Dari aplikasi ini  kita bisa memonitor status dan lokasi pengiriman," katanya.
     
Dia mengklaim bahwa para transporter mengapresiasi update dari startup Kargo Tech. Dalam aplikasi itu, semua informasi bisa diakses secara mudah dan jelas. Mereka juga bisa mendapatkan informasi terkait order pengiriman kapan saja.
     
Transparansi harga dan kecepatan respons dari Kargo Tech terhadap proses penawaran juga menjadi nilai tambah bagi transporter, memudahkan mereka dalam mendapatkan order baru dan meningkatkan pendapatan.
     
“Usai menerima informasi seputar penawaran harga dari pengirim, algoritma aplikasi Kargo Tech akan membantu dalam melakukan seleksi terhadap transporter yang tepat,” kata Tiger Fang.
     
Lebih jauh dia juga menyebut hasil update lainnya di aplikasi ini, yaitu fitur verifikasi truk transporter. Fitur ini digunakan untuk memastikan truk yang tersedia dan memudahkan transporter terpilih, untuk melampirkan dokumen legal yang diperlukan secara langsung di aplikasi. Sehingga dapat diverifikasi secara virtual.
     
“Dengan adanya update ini, maka Kargo Tech ikut memperkuat posisi sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi di Indonesia," pungkasnya. [JAR]

Baca juga : Jubir Covid: Jangan Ngobrol, Makan, dan Minum di Transportasi Umum

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.