Dark/Light Mode

Dorong Pertumbuhan Ekonomi

BI Perkuat Peran Kantor Perwakilan Di Luar Negeri

Senin, 25 Februari 2019 22:10 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo saat memberikan sambutan di acara pembukaan kantor perwakilan BI di Beijing, Tiongkok, Senin (25/2). (Foto: Dokumen BI).
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo saat memberikan sambutan di acara pembukaan kantor perwakilan BI di Beijing, Tiongkok, Senin (25/2). (Foto: Dokumen BI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) terus memperkuat peran Kantor Perwakilan di Luar Negeri (LN) untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Penguatan peran Kantor Perwakilan LN merupakan bagian dari reformasi organisasi dan sumber daya manusia yang ditempuh BI.

Demikian disampaikan Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam acara pembukaan Kantor Perwakilan BI Beijing, Tiongkok pada hari ini (25/2).

Baca juga : Misbakhun: Di Era Jokowi, Pertumbuhan Ekonomi Terjaga

Reformasi organisasi terkait Kantor Perwakilan BI didasarkan pada pentingnya peran Kantor perwakilan BI khususnya di luar negeri untuk berkontribusi secara luas terhadap perekonomian, tidak hanya bagi Indonesia namun juga bagi negara mitra, seperti Tiongkok.

Negara tersebut merupakan salah satu mitra kerjasama ekonomi terbesar Indonesia baik dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata, dan bidang lainnya.

Baca juga : OJK Perkuat Pengawasan Praktik Pencucian Uang

Untuk itu, kehadiran Kantor Perwakilan BI Beijing diharapkan semakin memperkuat hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara, dan memberikan pemahaman dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan maupun kebijakan yang ditempuh Tiongkok, khususnya yang berdampak bagi Indonesia.

Dengan diresmikannya Kantor Perwakilan ini, BI telah memiliki 5 (lima) Kantor Perwakilan di luar negeri, yaitu Kantor Perwakilan BI:  New York, London, Singapura, Tokyo, dan Beijing. Masing-masing Kantor Perwakilan memiliki cakupan kewenangan tugas sesuai wilayah kerja. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.