Dark/Light Mode

Piagam New Pertamina Clean

Direksi dan Komisaris Mantapkan Komitmen Integritas dan Transparansi

Senin, 10 Agustus 2020 18:54 WIB
PT Pertamina (Persero) meluncurkan New Pertamina Clean serta penyerahan piagam dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama ke Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dengan protokol Covid 19 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Senin (10/8).  (Foto: Humas Pertamina)
PT Pertamina (Persero) meluncurkan New Pertamina Clean serta penyerahan piagam dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama ke Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dengan protokol Covid 19 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Senin (10/8). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Persero meluncurkan Piagam New Pertamina Clean yang telah ditandatangani seluruh Jajaran Dewan Direksi dan Dewan Komisaris Pertamina di Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (10/8).

Komitmen ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan di perusahaan. Sejalan dengan tata nilai Clean Pertamina, yaitu mengelola perusahaan secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak menoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas, serta berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.

"New Pertamina Clean ini diharapkan dapat menjadi budaya dan values baru untuk memperkaya, dan menyempurnakan insan Pertamina yang berintegritas, bersih dan transparan” ujar Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Baca juga : Piagam New Pertamina Clean, Direksi dan Komisaris Berkomitmen Jaga Integritas dan Transparansi

Nicke juga mengapresiasi Dewan Komisaris yang terus mendorong penerapan GCG di Pertamina.

Internalisasi akan terus dilakukan di seluruh jajaran manajemen dan pekerja. Agar bisa menerapkan hal ini dalam keseharian, dan bisa menerapkan 9 point New Pertamina Clean di Pertamina.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama mengapresiasi program ini dan menjelaskan bahwa New Pertamina Clean mengusung core values BUMN. Yaitu AKHLAK yang merupakan moral etika, yang menjadi panduan seluruh BUMN saat ini.

Baca juga : Jaga Keluarga, Titi Kamal Dan Christian Sugiono Rencanakan Keuangan Yang Aman

"Komisaris berharap dengan adanya New Clean Pertamina bisa mendorong semua ke arah transparansi dan terdigitaliasi," pungkasnya.

New Pertamina Clean memiliki 9 poin yaitu:

1. Melaksanakan operasional perusahaan dengan menunjang etika bisnis dan bertanggung jawab serta berpegang teguh pada pedoman Good Corporate Governance dan prinsip 4 NO’s, yaitu:

  • No Bribery (tidak boleh ada suap dan pemerasan)
  • No Kickback (tidak boleh ada komisi, tanda terima kasih dalam bentuk apapun)
  • No Gift (tidak boleh ada hadiah atau gratifikasi)
  • No Luxurious (tidak boleh ada jamuan yang berlebihan)

Baca juga : Menkumham: Pengadaan Barang Jasa Harus Akuntabel Dan Transparan

2. Mematuhi peraturan perundang-undangan terkait antipenyuapan dan tidak mentoleransi segala bentuk penyuapan dalam setiap aktivitas perusahaan.

3. Mengimplementasikan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan di perusahaan dengan upaya perbaikan secara berkesinambungan.

4. Mendorong dan memotivasi setiap insan Pertamina, mitra kerja, pemangku kepentingan perusahaan untuk peduli dan berperan serta dalam pelaksanaan komitmen anti penyuapan, termasuk tidak menerima dan/atau memberi segala bentuk gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.