Dark/Light Mode

Akhirnya, Layanan Skuter Listrik Grab Wheels Kembali Beroperasi

Kamis, 13 Agustus 2020 19:03 WIB
Layanan skuter listrik Grab Wheels dari Grab Indonesia kembali beroperasi.
Layanan skuter listrik Grab Wheels dari Grab Indonesia kembali beroperasi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Layanan skuter listrik Grab Wheels dari Grab Indonesia kembali beroperasi.

Hal ini juga menandakan terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 45 Tahun 2020, tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik.

Untuk tahap awal, Grab Wheels tersedia sebanyak 200 unit yang tersebar di 7 titik di ibukota. Peluncuran kembali Grab Wheels ini diresmikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dan Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Kamis (13/8).

Baca juga : Hakteknas, Mendes dan Menristek Luncurin Program Desa Berinovasi

Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi peluncuran kembali Grab Wheels. Karena sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, kegiatan bertransportasi di tengah pandemi bisa terus berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Ini merupakan kegiatan yang membanggakan. Presiden juga senang. Karena satu sisi kita tetap menjalankan protokol kesehatan dan di sisi lain tetap menjalankan kegiatan," katanya.

BKS -sapaan akrab Budi Karya menilai, Grab Wheels bisa menjadi solusi untuk menjadi kendaraan first mile dan last mile bagi masyarakat yang biasa mengguna moda transportasi Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek, Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, dan Light Rail Transit (LRT) Jakarta.

Baca juga : Sektor Industri Masih Penyumbang Terbesar PDB

Di saat yang sama, dia menegaskan, agar masyarakat juga memberikan pengawasan yang ketat terhadap pelayanan Grab Wheels. "Berikan pengawasan yang ketat terhadap layanan ini. Kita semua harus bersama-sama menghimbau dan terus mengingatkan kepada pengguna. Agar tetap mematuhi aturan lalu lintas di jalan raya dan berjalan pada lajur yang telah ada tanda khususnya di wilayah DKI Jakarta," tegasnya.

Sementara Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, peluncuran kembali Grab Wheels sejalan dengan sudah diterbitkannya Permenhub No. 45 Tahun 2020. Menurutnya, Grab Wheels menjadi solusi mobilitas masyarakat di Indonesia, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Sekaligus juga sebagai kendaraan yang ramah lingkungan yang bebas polusi.

"Sejak diluncurkannya Mei 2019, kami sudah melihat sebetulnya antusiasme masyarakat terhadap kendaraan mobilitas pribadi ini. Bahkan baru-baru ini juga ada penelitian dari SBM ITB (Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung), yang menunjukkan minat masyarakat menggunakan kendaraan mobilitas pribadi. Seperti scooter listrik Grab Wheels sangat diminati sebagai solusi first mile last mile untuk kendaraan massal publik," ujarnya. KPJ

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.