Dark/Light Mode

Kebanjiran Ucapan di Hari Kebangsaan Ke-55

Sukses Singapura Bisa Jadi Contoh Positif Kita

Sabtu, 8 Agustus 2020 08:04 WIB
Potongan-potongan video ucapan selamat Hari Kebangsaan Singapura dari pejabat dan tokoh masyarakat Indonesia. (Foto Dok RM)
Potongan-potongan video ucapan selamat Hari Kebangsaan Singapura dari pejabat dan tokoh masyarakat Indonesia. (Foto Dok RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Kebangsaan Singapura masih dua hari lagi. Hari penting bagi seluruh rakyat Negeri Singa itu jatuh pada 9 Agustus. Namun, kemeriahannya sudah terasa sejak Rabu (5/8) lalu.

Situasi pandemi tampaknya justru semakin merekatkan hubungan bilateral Indonesia- Singapura. Negeri yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong itu banjir ucapan selamat dari sejumlah pejabat publik dan tokoh masyarakat di Tanah Air. Mulai dari level menteri, kepala daerah, hingga kiai.

Ucapan selamat datang silih berganti sejak Rabu (5/8). Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura di Indonesia pun mengabadikannya lewat postingan video di akun Instagram resminya, sg.embassy.jakarta. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, 9 Agustus adalah hari besar untuk Singapura.

Baca juga : Kedubes Singapura Kebanjiran Ucapan Selamat HUT Dari Petinggi Daerah

“Sebagai teman Singapura dan mantan pemimpin Indonesia saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan selamat Hari Kebangsaan kepada pemerintah dan rakyat Singapura. Saya bangga dan bersyukur bisa berkontribusi untuk memperkuat dan memperluas hubungan bilateral negara kita,” katanya dalam video yang diposting akun FB Kedubes Singapura.

“Saya ingat kenangan indah ketika bekerja sama dengan para pemimpin Singapura Perdana Menteri Lee Hsian Loong, Minister Mentor Lee Kuan Yew, Emeritus Senior Minister Goh Chok Tong dan juga dengan Presiden Nathan dan Presiden Tony Tan. Hanya dalam 55 tahun Singapura telah mencapai kemajuan luar biasa sebagai sebuah bangsa. Singapura telah menjadi negara modern dan maju di Asia Tenggara dengan tingkat kualitas hidup yang tinggi,” imbuhnya.

SBY juga mengatakan, Singapura juga telah memberikan kontribusi penting untuk ASEAN dan komunitas internasional. Singkatnya, Singapura telah menjadi contoh positif sebagai suatu negara yang menerapkan aturan hukum, pemerintahan yang baik, kerja keras, dan kebijakan ekonomi yang baik.

Baca juga : Bisa Jadi Contoh Pilkada, KPU Kepoin Pemilihan di Korsel

Hal senada disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kompak menyampaikan ucapan selamat via video. Mereka serempak menyerukan tema peringatan tahun ini, “Together, a Stronger Singapore”.

“Perayaan tahun ini berbeda karena kondisi pandemi dunia. Indonesia, khususnya Jakarta, dan Singapura, pasti bisa melewati masa tantangan ini. Rakyat akan menciptakan sejarah yang nantinya dapat dibanggakan anak-anak kita,” ujar Anies dalam video yang dibagikan Kedubes Singapura di akun Instagramnya.

“Kami ucapkan terima kasih atas persahabatan dan kolaborasi Jakarta-Singapura, Insya Allah, kerja sama ini terus memperkuat persahabatan untuk manfaat kedua negara,” sambung Anies.

Baca juga : Ganjar: Indonesia Bisa Ubah Konstelasi Politik Dunia

Sementara Gubernur Ganjar Pranowo mengenang momen PM Singapura Lee Hsien Loong mengunjungi Jawa Tengah. Menurut Ganjar, Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang berhubungan erat dengan Singapura. “Salam hangat dari pusat batik dunia,” tuturnya.

Takketinggalan, Kang Emil juga menyampaikan harapannya agar Indonesia-Singapura bisa saling memperkuat ASEAN. “Saya beri pantun: nasi lemak dijual di kedai, memasaknya harus di dapur. Kami ucapkan, happy national day, together, a stronger Singapore,” demikian pantun Gubernur Jawa Barat ini.

Kepala daerah lain yang memberikan ucapan selamat adalah Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Nusa Tenggara Timur Zulkief- limansyah, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Bupati Belitung Sahani Saleh, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, dan Bupati Kendal Mirna Anissa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.