Dark/Light Mode

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Pelindo 3 Siapkan Inisiatif dan Insentif

Rabu, 19 Agustus 2020 22:04 WIB
Terminal Penumpang Tanjung Emas, Semarang dengan protokol kesehatan yang ketat siap menerima kunjungan penumpang domestik dan internasional, melalui kapal pesiar. (Foto: Pelindo 3)
Terminal Penumpang Tanjung Emas, Semarang dengan protokol kesehatan yang ketat siap menerima kunjungan penumpang domestik dan internasional, melalui kapal pesiar. (Foto: Pelindo 3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memperkuat program pemerintah terkait Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Pelindo 3 telah menyiapkan inisiatif dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, yang terdampak pandemi Covid-19.

Dengan memberikan kebijakan ease of doing business pada sektor logistik kepada pengguna jasa pelabuhan, guna memperlancar arus distribusi barang melalui petikemas baik internasional dan domestik.

Baca juga : Anggaran Pemulihan Ekonomi Dipatok Rp 356,5 triliun, Ini 6 Fokus Alokasinya

Dalam rangka mendukung sektor ekspor impor di Indonesia, Pelindo 3 telah mengeluarkan empat kebijakan. Pertama, melakukan penambahan jangka waktu penumpukan peti kemas dari 3 hari menjadi 5 hari, sebelum kapal sandar untuk kegiatan ekspor.

Kedua, penambahan masa penumpukan petikemas internasional kosong dari 3 hari menjadi 7 hari, dengan dikenakan biaya penumpukan hanya selama 3 hari.

Baca juga : Dukung Pembelajaran Daring, Pertamina Serahkan Ratusan Gadget Untuk Siswa Di Balikpapan

Ketiga, transhipment antar terminal. Skema ini untuk menurunkan biaya Container Handling Charge (CHC) peti kemas domestik, khususnya di Pelabuhan Tanjung Perak, dengan memberikan diskon tarif transhipment sebesar 35 persen dari tarif paket bongkar muat.

Sebelum diangkut menuju pelabuhan tujuan akhir, sehingga eksportir mendapatkan efisiensi biaya handling petikemas tersebut. Eksportir akan mendapatkan manfaat, sehingga bisa menstimulasi ekspor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.