Dark/Light Mode

Perkuat Armada, Pertamina Trans Kontinental Bersinergi dengan Mandiri Syariah

Kamis, 20 Agustus 2020 05:59 WIB
Petamina Trans Kontinental seusai melakuman MoU Payroll Pekerja dan Layanan Produk Perbankan dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) pada Rabu (19/8). (Foto: Istimewa)
Petamina Trans Kontinental seusai melakuman MoU Payroll Pekerja dan Layanan Produk Perbankan dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) pada Rabu (19/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), anak usaha PT Pertamina (Persero) melakukan perjanjian Kerjasama Pembiayaan Investasi & MoU Payroll Pekerja serta Layanan Produk Perbankan dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) pada Rabu (19/8).

Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental, Nepos MT Pakpahan menerangkan, dengan kerja sama ini, makin menguatkan bisnis armada PTK. Sekaligus makin memajukan bisnis galangan kapal dalam negeri.

"Dengan kerjasama ini, PTK mendapatkan dana untuk pembiayaan kapal-kapalnya dan pihak BSM dapat menyalurkan kredit dengan bunga yang kompetitif," ujar Nepos.

Ia menambahkan pendanaan ini untuk mendukung program investasi pembiayaan 11 unit Kapal Harbour Tug 3200 HP, dengan masa waktu selama 5 Tahun 6 Bulan.

Baca juga : Kinerja 2019, Pertamina Tetap Sejajar dengan Perusahaan Kelas Dunia

"Kita juga harapkan, sinergi ini memberikan keuntungan bagi PTK dan BSM sekaligus turut membantu Pemerintah dalam menggairahkan ekonomi, khususnya industri galangan kapal yang saat ini kondisinya kurang mengembirakan akibat dari dampak pendemi Covid-19," papar Nepos.

Lebih jauh ia mengatakan, dengan visi “Menjadi perusahaan jasa maritim yang terintegrasi dengan skala global pada tahun 2026” PTK terus mengembangkan bisnisnya dan terus melakukan terobosan dengan mencari peluang-peluang bisnis, baik di lingkungan Pertamina Grup maupun di luar Pertamina, khususnya untuk memenuhi kebutuhan kapal-kapal yang diperlukan oleh para pelanggan.

Saat ini, kata Nepos, jumlah armada kapal milik PTK sudah mencapai lebih dari 100 unit , terdiri dari kapal Cargo, Small Tanker, AHTS, Harbour Tug, Mooring Boat, SPOB, Pilot Boat dan RIB.

Sesuai rencana program investasi yang telah disetujui oleh Pemegang Saham, maka PTK setiap tahun akan terus menambah armada kapal milik secara bertahap. "Kita terus tambah armadanya, karena banyaknya jumlah permintaan pelanggan akan kapal," ujarnya.

Baca juga : Gandeng Peruri, Pertamina Terapkan Digital Security

Sementara Direktur Wholesale Banking Mandiri Syariah, Kusman Yandi mengatakan, kerjasama Mandiri Syariah dengan PTK ini semakin menguatkan sinergi antar grup BUMN.

"Selain itu juga meningkatkan peranan bank syariah dalam literasi keuangan syariah sesuai yang diamanahkan pemerintah agar berdampak positif pada perekonomian nasional

"Sejalan dengan maqashid syariah, Mandiri Syariah tidak hanya hadir sebagai sahabat finansial tetapi juga sahabat spiritual. Untuk kemasalahatan umat 2,5% laba perusahaan dialokasikan untuk dana kebajikan dan disalurkan pada bantuan kemanusiaan, beasiswa, anak yatim, pembangunan sarana pendidikan dan pembangunan masjid," paparnya.

Mandiri Syariah, kata dia, tidak sebatas menyediakan solusi untuk bertransaksi, tetapi juga berupaya memberikan nilai tambah melalui layanan khas syariah. Seperti fitur zakat, infaq, sedekah, wakaf (ziswaf), informasi waktu sholat, lokasi masjid terdekat, juz amma, dan fitur berbagi dan beribadah lainnya di Mandiri Syariah Mobile.

Baca juga : Meriahkan HUT Kemerdekaan, Pertamina Gelar Kompetisi Bagi Jurnalis Foto

"Kami berharap produk-produk syariah dapat menjadi pilihan bagi karyawan yang menghendaki layanan keuangan berprinsip syariah. Selain itu, produk retail Mandiri Syariah juga bekerjasama dengan layanan wholesalebanking," ungkap Yandi.[NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.