Dark/Light Mode

Protokol Kesehatan Tetap Dijalankan

IKA Universitas Brawijaya: Jangan Takut Donor Darah di Masa Pandemi

Minggu, 23 Agustus 2020 15:49 WIB
Ketua Umum IKA Universitas Brawijaya Sis Apik Wijayanto (kiri) dan Ketua Umum PMI M Jusuf Kalla (tengah) di sela acara donor darah di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/8). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IKA Universitas Brawijaya Sis Apik Wijayanto (kiri) dan Ketua Umum PMI M Jusuf Kalla (tengah) di sela acara donor darah di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/8). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sis Apik menambahkan, adaptasi kebiasaan baru yang juga merupakan bagian dari protokol kesehatan dalam kegiatan ini, antara lain dilakukan dalam bentuk penggantian alas bed dan penyemprotan disinfektan untuk setiap pergantian pendonor.

“Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan tidak takut lagi untuk mendonorkan darahnya. Karena setetes darah dari pendonor, dapat menyelamatkan nyawa orang lain,” tandasnya.

Baca juga : Ruang ICU di Jakarta Makin Sedikit, Please Jangan Rayakan HUT RI Dengan Berkerumun

Dida Sarkan selaku Ketua Pendonor Darah IKA UB mengatakan, sekarang adalah saat yang tepat untuk berani saling berbagi, tanpa rasa takut.

"Dengan tekad yang tinggi dan tetap taat pada protokoler kesehatan, kami mengajak kepada semua pejuang kemanusiaan untuk berani berdonor di masa pandemi. Kita tidak boleh diam melihat saudara kita kesulitan mendapatkan darah," kata Dida.

Baca juga : Lark Berikan Kiat Sukses Bagi UMKM di Masa Pandemi

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada Minggu (23/8) pukul 08.00 s.d 13.00 WIB di Gelora Bung Karno.

“Persiapan ini kami lakukan dalam waktu 3 minggu. Nggak sangka, animo pendonor ternyata sangat tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mendekati angka 600 calon pendonor. Terdiri dari masyarakat umum, komunitas otomotif, komunitas pelari, komunitas jasa pelayanan, dan lain sebagainya," papar Dida.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.