Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pacu Produksi Konten, MNC Studios Optimis Kinerja Semester II Moncer

Rabu, 19 Agustus 2020 10:11 WIB
Direksi dan komisaris PT MNC Studios International Tbk (MSIN) berfoto pada RUPST/LB perseroan di Jakarta, Selasa (18/8). (Foto: ist)
Direksi dan komisaris PT MNC Studios International Tbk (MSIN) berfoto pada RUPST/LB perseroan di Jakarta, Selasa (18/8). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT MNC Studios International Tbk (MSIN) yang bergerak di bisnis produksi konten terbesar di Indonesia optimistis kinerja semester II-2020 akan moncer. Salah satu caranya dengan memacu digitalisasi dan mengoptimalkan produksi konten.

Direktur Utama MNC Studios International, Ella Kartika mengatakan, optimistime perseroan didorong kebijakan pemerintah yang memberikan relaksasi kegiatan usaha dan masyarakat di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga syuting berjalan kembali. Ditambah, perseroan memiliki fasilitas produksi yang baik sehingga kita bisa syuting di dalam studio. 

“Sehingga pada saat di kuartal II MNC Pictures menjadi satu-satunya yang bisa memproduksi drama dan dengan produksi drama tersebut bisa dilakukan program built in,” ujar Ella pada paparan  publik perseroan di Jakarta, Selasa (18/8).

Baca juga : Ekspor Membaik, Mendag Optimis Kinerja Sektor Perdagangan Kembali Pulih

Perseroan juga yakin pendapatan usaha akan membaik lantaran produksi di semester II akan lebih tinggi dibanding semester pertama lalu. “Jadi dengan segala hal yang terjadi, kami rencanakan output di semester II normal sama seperti sebelum covid. Kita sama-sama berharap pandemi cepat berlalu sehingga kita bisa melakukan kegiatan secara normal,” tegas Ella.

MNC Studios sendiri memiliki lini bisnis utama yakni production house; talent management, label dan digital; dan advetising agency. Di lini PH, perseroan memiliki anak usaha di antaranya MNC Pictures, Starpro, MNC Film Indonesia dan MNC Animations. 

Sementara di lini talent, label dan digital, sayap bisnisnya melalui Star Media Nusantara (SMN), Hits Records dan Starhits. Sedangkan Mediate dan MultiMedia Integrasi merupakan perusahaan di bidang perikalanan.

Baca juga : Dihadang Pandemi, Elnusa Optimis Kinerja Tetap Positif

Dari sisi digitalisasi, anak usaha MNC Group ini mengembangkan aplikasi berplatform user content generator (UCG) yakni Klaklik yang akan relaunch di akhir bulan Agustus. 

Menurut Direktur MNC Studios Titan Hermawan, pengguna Klaklik akan menikmati sinetron populer seperti Preman Pensiun, film bioskop produksi MNC Pictures, e-novel, podcast, webseries hingga komik. “Dengan Klaklik, kami berpikir untuk menjadikannya sebagai layar ketiga setelah TV dan bioskop. Ini terkait dengan core bisnis kami sebagai produsen konten terbesar. Kita membuat turunan-turunan lain dari ide-ide yang ada di dalam perseroan dan kita tuangkan dalam Klaklik,” katanya.

Perseroan juga meluncurkan beberapa produksi yang sudah tayang di Netflix. Pihaknya juga melakukan pembicaraan intens dengan Disney+ Hotstar untuk menayangkan produksi-produksi MNC Studios.

Baca juga : Di Tengah Wabah, Kinerja Pelindo III Masih Moncer

Adapun kinerja sepanjang 2019, emiten berkode MSIN ini membukukan pendapatan Rp 1,78 triliun yang berarti tumbuh 18 persen dibanding tahun 2018 sebesar Rp 1,51 triliun. EBITDA 2019 mencapai Rp 364,1 miliar yang merupakan pertumbuhan tahunan 8,1 persen lebih tinggi daripada EBITDA 2018 sebesar Rp 336,8 miliar. Kinerja positif ini was mengantar MNC Studios meraup laba bersih Rp 211,4 miliar alias tumbuh 0,3 persen dari sebelumnya sebesar Rp 210 miliar di tahun 2018. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.