Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

#SRCKibarkanSemangat, Program Dukung UMKM Tetap Produktif di Tengah Pandemi

Minggu, 30 Agustus 2020 14:33 WIB
Yandizar Erisma Sembiring, pemilik toko kelontongan SRC Yandi, Bogor, menddekorasi toko kelontong SRC miliknya dengan hiasan bernuansa merah putih (30/8). (Foto: Dok. SRC)
Yandizar Erisma Sembiring, pemilik toko kelontongan SRC Yandi, Bogor, menddekorasi toko kelontong SRC miliknya dengan hiasan bernuansa merah putih (30/8). (Foto: Dok. SRC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sampoerna Retail Community (SRC), komunitas toko kelontong yang tergabung dalam program kemitraan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS), menginisiasi program #SRCKibarkanSemangat sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Tujuannya, agar UMKM terus produktif dengan beradaptasi pada kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Inisiatif ini sekaligus seruan semangat kepada masyarakat agar mengambil peran aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). 

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melalui video singkatnya menyampaikan dukungan atas inisiatif ini dengan menyampaikan seruan semangat kepada seluruh UMKM di Indonesia. “Bagi seluruh toko kelontong dan UMKM di Indonesia, jangan menyerah. Tetap kibarkan semangat dengan sikap gotong royong. Bulan-bulan berlalu, keringat dan air mata kita rasakan, tapi satu yang selalu menjadi harapan, UMKM untuk Indonesia Maju,” ucap Teten, seperti keterangan dari SRC, Minggu (30/8). 

Baca juga : Kedubes Inggris Dukung Wirausahawan Disabilitas Bertahan di Tengah Wabah Corona

Selaras dengan itu, Direktur PT SRCIS Henny Susanto mengatakan, program #SRCKibarkanSemangat merupakan wujud komitmen SRC dalam menyebarkan semangat positif ke UMKM Indonesia agar dapat melewati masa sulit ini bersama-sama. “Kami terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi UMKM di Indonesia melalui pendampingan berkelanjutan dan selama masa pandemi. Komitmen ini semakin teguh kami jalankan,” kata Henny. 

Dalam program #SRCKibarkanSemangat, toko kelontong SRC berkolaborasi dengan UMKM binaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang memproduksi Kerupuk Semangat edisi khusus Peringatan Ulang Tahun ke-75 Indonesia. Produk ini tersedia di 5 kota, yaitu Karawang, Cianjur, Surabaya, Pematang Siantar, dan Yogyakarta. 

Baca juga : Begini Cara KAI Dorong UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Henny menambahkan, walaupun perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia saat ini cukup berbeda dibanding tahun sebelumnya, semangat kebersamaan dan gotong royong diwujudkan melalui berbagai kegiatan seperti dekorasi toko dengan hiasan bernuansa merah putih. Gerakan menghias toko secara serentak ini berhasil memecahkan Rekor Dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori ‘Lomba Menghias Toko Kelontong dengan Nuansa Merah Putih Terbanyak’. 

Selain itu, SRC juga turut menyemarakkan peringatan kemerdekaan Indonesia melalui tantangan digital KRUPFIE (Kerupuk Selfie) hingga promo Paket Merdeka (PAMER) yang tersedia di lebih dari 120 ribu toko kelontong SRC seluruh Indonesia. “Harapannya, dengan #SRCSebarkanSemangat seluruh UMKM khususnya yang tergabung dalam SRC dapat tetap produktif dengan beradaptasi pada kebiasaan baru,” tutup Henny. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.