Dark/Light Mode

Raih Penghargaan IDX Channel, Pendapatan Citilink Capai 45%

Kamis, 3 September 2020 07:37 WIB
Direktur Utama Citilink, Juliandra (dua kanan) meraih penghargaan dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020. di Jakarta, Selasa (1/9).
Direktur Utama Citilink, Juliandra (dua kanan) meraih penghargaan dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020. di Jakarta, Selasa (1/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Maskapai penerbangan Citilink meraih penghargaan khusus sebagai perusahaan dengan inovasi respon strategis di masa pandemi atas inovasi Travelogistic dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia yang diselenggarakan oleh IDX Channel. 

“Seiring dengan menurunnya pendapatan penumpang di masa pandemi dan meningkatnya industri e-commerce serta kebutuhan pasar logistik di Indonesia, Citilink mengambil peluang ‘Travelogistic’ yaitu inovasi pengembangan lini bisnis kargo. Di antaranya, dengan mengkonversi pesawat penumpang berjenis B737-500 menjadi Freighter, membuka layanan charter kargo ke berbagai destinasi, serta menambah kapasitas bisnis kargo dengan mendayagunakan pesawat-pesawat reguler penumpang untuk mengangkut kargo,” ujar Direktur Utama Citilink, Juliandra di Cengkareng, dalama keterangan tertulisnya, Rabu (2/9). 

Juliandra menjelaskan, pengembangan lini bisnis kargo telah menjadi sumber pendapatan utama Citilink di awal masa pandemi dengan kontribusi pendapatan meningkat dari 9% menjadi 45%. 

Baca juga : Ini Daftar Pelanggan PLN Yang Mendapat Penurunan Tarif Listrik

Selama masa pembatasan penerbangan, Citilink memaksimalkan utilisasi pesawat dengan mengoperasikan 20% armadanya sebagai angkutan kargo. 

Hingga Agustus 2020, Citilink telah mengangkut kargo ke berbagai destinasi, seperti Makassar, Medan, Balikpapan, Kendari serta beberapa rute internasional Singapura, Cina dan berbagai rute lainnya. Total muatan kargo yang diangkut sekitar 18 ribu ton. 

“Ke depannya, Citilink akan melakukan ekspansi bisnis kargo ke Kawasan Timur Indonesia,” kata Juliandra. 

Baca juga : Komitmen Jaga Ketersediaan Energi di Tengah Pandemi, Pertamina Pastikan Tak Ada PHK

Penghargaan Travelogistic menjadi penghargaan keempat yang diraih Citilink setelah sebelumnya meraih penghargaan Best ASEAN Tourism Photo dan Best ASEAN Airline Program dari ASEAN Tourism Association dan penghargaan Best Low-Cost Airline in Asia dari TripAdvisor. 

Selain itu, anak unit bisnis Garuda Indonesia ini juga berhasil mempertahankan berbagai predikat kelas dunia di tahun 2019 lalu sebagai 4-Star Low-Cost Airline versi Skytrax dan 4-Star Low-Cost Airline versi Airline Passenger Experience (APEX). 

“Ini merupakan bukti nyata komitmen dan kerja keras karyawan Citilink dalam berinovasi memberikan layanan yang terbaik bagi seluruh pengguna jasa. Ke depannya, Citilink berkomitmen untuk terus menciptakan berbagai inovasi lainnya agar dapat berkontribusi dalam mengembangkan industri penerbangan khususnya di Indonesia,” tambah Juliandra. 

Baca juga : HUT ke-75, MPR Beri Penghargaan ke Taufik Kiemas sebagai Bapak Empat Pilar

Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre-in hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan. Hal ini untuk memastikan penerbangan berjalan dengan optimal dan tentunya tetap mengutamakan aspek kesehatan dan keamanan bagi seluruh pelanggan. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.