Dark/Light Mode

Bantu Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Warga Demak Jabodetabek Bentuk Koperasi

Minggu, 6 September 2020 19:10 WIB
Sejumlah tokoh dan perwakilan warga Demak yang tergabung dalam Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (PBDN) membentuk koperasi Persaudaraan Saudagar Muslim Demak (PSMD) di Jakarta.
Sejumlah tokoh dan perwakilan warga Demak yang tergabung dalam Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (PBDN) membentuk koperasi Persaudaraan Saudagar Muslim Demak (PSMD) di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Para tokoh dan pengusaha Demak se-Jabodetabek dan wilayah lainnya yang tergabung dalam Paguyuban Demak Bintoro Nusantara (PBDN) membentuk koperasi Persaudaraan Saudagar Muslim Demak (PSMD).

Koperasi ini dibentuk sebagai wadah koordinasi antar tokoh dan para pengusaha berbagai bidang. Harapannya, lembaga/koperasi ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Demak, baik yang ada di Jabodetabek, maupun seluruh wilayah lainnya di Indonesia.

Pada pertemuan yang dihelat di Jakarta Timur pada Kamis (3/9/2020) itu, ditetapkan Edy Sayudi sebagai Ketua Umum, M. Ruslim sebagai Sekretaris Jenderal dan Siti Farikhah sebagai Bendahara Umum.

Baca juga : Teten Janji Beri Pelatihan Bagi Difabel Untuk Berwirausaha

Dalam sambutannya, Edy menyatakan, pembentukan koperasi ini sebagai momen yang bagus untuk ikut serta mendorong pertumbuhan ekonomi. “Harapannnya, lembaga ini bisa ikut mendorong pertumbuhan ekonomi maupun sosial bagi Kabupaten Demak," ujarnya.

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat Demak Irjen Pol (Purn) Drs. Achmat Juri menyatakan apresiasinya kepada warga Demak, baik yang dari Demak maupun yang dari perantauan dan hadir di pertemuan ini.

"Suatu kebahagian dan kebanggaan tersendiri, karena warga Demak Gayeng yang berkumpul di sini adalah para tokoh dan para pelaku ekonomi yang handal. Baik dalam skala lokal, nasional maupun manca negara," katanya.

Baca juga : Dorong Pergerakan Ekonomi, Kementan Percepat Belanja Pemerintah Di Tengah Pandemi

Apalagi, ujar Pembina PDBN ini, pertemuan tersebut bertujuan mengembangkan perekonomian warga Demak. “Semoga pembangunan di Demak dalam arti luas, dan pembangunan ekonomi bisnisnya menjadi lebih baik," harap mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) ini.

Hal senada disampaikan salah satu Pembina Koperasi PSMD, M. Fathan Subchi. Dia malah optimistis, koperasi ini segera terwujud, karena diisi oleh mereka yang kompeten di bidangnya masing-masing.

“Saya akan support penuh kegiatan koperasi ini, sesuai kapasitas saya di DPR. Bila perlu, akan disinergikan dengan mitra kerja Komisi XI DPR RI dari perbankan, BUMN, pihak swasta, maupun lembaga keuangan lainnya," ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi PKB.

Baca juga : Jokowi Harap Pertumbuhan Ekonomi Bisa Kembali Normal

Ketua Umum PDBN itu juga berharap, koperasi ini berjalan sesuai visi dan misinya. Sehingga dapat membantu warga Demak di manapun mereka berada.

Di saat yang sama, sambung M. Ridhwan, Wakil Sekretaris Jenderal Koperasi PSMD, duet Ketua Umum, Edy Sayudi dan dan Sekjen, M. Ruslim, didukung para pembina yang ada, koperasi ini diharapkan akan menjadi besar dan bermanfaat.

“Karena tak sedikit dari mereka ini punya perusahaan berskala nasional, dengan perwakilan kantornya di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Bahkan, juga akan memudahkan menginventarisir warga Demak di perantauan dalam melaksanakan usahanya,” ujar salah satu Ketua PDBN ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.