Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Teten Janji Beri Pelatihan Bagi Difabel Untuk Berwirausaha

Minggu, 6 September 2020 14:31 WIB
Teten Janji Beri Pelatihan Bagi Difabel Untuk Berwirausaha

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM siap membantu penyandang disabilitas untuk berwirausaha dengan memberikan dukungan pelatihan keterampilan, model bisnis, pembiayaan, digitalisasi pasar maupun lainnya.

"Kita semua adalah sama. Saya malah bangga jika penyandang disabilitas bisa mandiri dan menjadi seorang wirausaha,” ucap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki usai penutupan Program Wirausaha Berbasis Kuliner Sahabat Tuli yang diselenggarakan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI), di Jakarta, Minggu (6/9).

Teten mengaku terharu dan pihaknya siap memberikan dukungan penuh pada teman-teman Sahabat Tuli untuk menjadi entrepreneur.

Baca juga : Budi Arie Minta Kades Libatkan Anak Muda Untuk Bangun Desa

“Akan saya siapkan modal untuk itu. Kemenkop dan UKM memberikan fasilitas yang sama bagi pelaku UMKM mulai dari pelatihan hingga akses pasar. Kita semua adalah sama, disabilitas bukanlah halangan bagi seseorang untuk bisa maju dan berusaha, apalagi dijaman sekarang kita bisa memanfaatkan IT dan sarana pendukung lainnya," janji Teten.

MenkopUKM juga memberikan apresiasi kepada Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, pendidikan, pembangunan, dan penguatan ekonomi kerakyatan melalui UMKM.

"Pemerintah sadar, tak bisa sendirian dalam mengembangkan UMKM, karena itu peran swasta maupun komunitas-komunitas seperti PTI ini sangatlah membantu dalam membantu UMKM," katanya.

Baca juga : ACC Bagikan Sepeda Brompton Hingga Emas

Salah seorang peserta pelatihan, Ali (23) penyandang disabilitas tuna rungu mengaku senang mendapatkan pelatihan membuat bakery, dan rencananya ia akan ber wirausaha setelah mendapatkan ketrampilan membuat kue.

“Saya seorang barista (peracik kopi) dan pintar membuat sambel. Kursus membuat bakery ini sangat bagus untuk melengkapi cita-cita saya mendirikan cafe yang dilengkapi kue atau bakery sebagai pelengkap, namun saya terkendala modal untuk membuka usaha ini," ujarnya.

Ketua Umum PTI Myra Winarko mengatakan, Perempuan Tangguh Indonesia merupakan gerakan masif perempuan dalam membantu pemerintah mengatasi dampak Covid-19.

Baca juga : Ini Harapan Risma Untuk Cawalkot Surabaya

Pihaknya telah melakukan berbagai fase, dari mulai membagikan sembako, membangun dapur-dapur umum, mensupport APD bagi tenaga medis di ratusan rumah sakit dan puskesmas, hingga membangun kerjasama dengan UKM-UKM.

“Sekarang, kita ada pada fase pemulihan ekonomi, dan kami memiliki program untuk pemulihan ekonomi pada kelompok masyarakat paling rentan seperti penyandang cacat, nelayan, dan petani. Dana yang digalang tidak diberikan untuk keperluan konsumtif, tetapi diupayakan untuk memulai kembali usaha-usaha yang bisa sustainable," tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.