Dark/Light Mode

Dorong Pemulihan Ekonomi Dari Sisi Pariwisata

Pelindo 3 Matangkan Konsep Pelabuhan Wisata

Rabu, 19 Agustus 2020 22:35 WIB
Dorong Pemulihan Ekonomi Dari Sisi Pariwisata Pelindo 3 Matangkan Konsep Pelabuhan Wisata

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia memiliki banyak pulau dengan pemandangan yang memukau. Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat indah dan memukau.

Bahkan, banyak turis mancanegara yang berkunjung ke Indonesia hanya untuk menikmati suasana lautan yang indah. Karena bentuk negaranya yang kepulauan itu, dan tentu saja pemanfaatan pengembangan potensi wisata bahari dan lingkungan di Indonesia sangat besar.

Mengetahui potensi yang besar tersebut, selain menjadi pintu masuk logistik, Pelindo 3 juga merancang pelabuhan dan terminal penumpangnya sebagai pintu gerbang wisatawan dari laut.

Baca juga : Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional, Pelindo 3 Siapkan Inisiatif dan Insentif

Guna membantu pemerintah mendorong pemulihan ekonomi dari sisi pariwisata, Pelindo 3 sebagai salah satu operator pelabuhan telah menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung pintu gerbang pariwisata dari jalur laut yaitu wisata cruise dan yacht yang dapat ditemui terminal penumpang kapal pesiar di antaranya adalah Gapura Surya Nusantara, Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Benoa Cruise Terminal, Pantai Marina Boom Banyuwangi, Terminal Penumpang Gili Mas hingga Pelabuhan Bima, Nusa Tengga Barat.

“Kami memiliki infrastruktur yang bisa menampung wisatawan mancanegara. Kebetulan Indonesia belum memiliki tourism hub menggunakan cruise,” kata Direktur Utama Pelindo 3, U.Saefudin Noer.

Sebagai pintu gerbang wisata dari jalur laut di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya, Pelindo 3 telah memiliki terminal penumpang penumpang Tanjung Emas Semarang.

Baca juga : RAPBN 2021, Pemulihan Ekonomi Harus Prioritaskan Masyarakat Menengah Bawah

Terminal penumpang yang terletak di kota Semarang ini, menjadi destinasi menarik bagi wisatawan mancanegara untuk bersandar dan berkunjung menjelajah keindahan kawasan wisata di Semarang dan Jawa Tengah.

Di antaranya, kawasan wisata Candi Borobudur dan sekitarnya, dan kawasan wisata di Kepulauan Karimun Jawa.

Tak hanya terminal penumpang Tanjung Emas, Pelindo 3 juga memiliki Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara yang terletak di Tanjung Perak Surabaya.

Baca juga : Puan Minta Pemerintah Tingkatkan Kinerja Pelaksanaan APBN

Terminal dengan luas 13 hektar ini mampu menampung 1 juta penumpang setiap tahunnya. Wajar, jika GSN menjadi salah satu destinasi bersandarnya kapal-kapal pesiar di surabaya untuk mengeksplor wisata di Jawa Timur seperti Gunung Bromo dan Situs bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit Trowulan di Mojokerto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.